Tidak cukup dengan berkata "Bangga Menjadi Anak Indonesia"


Dengan memiliki sumber kekayaan alam yang banyak, serta jumlah penduduk yang relatif besar, seharusnya Indonesia bisa menjadi negara yang mandiri. Indonesia seharusnya bisa mengolah sumber kekayaan alamnya tanpa bergantung dengan negara lain, karena Indonesia memiliki banyak sumber daya manusia yang bisa diandalkan.

Namun kenyataannya, Indonesia yang merupakan negara agraris, masih saja mengimpor beras. Indonesia yang memiliki laut yang luas dengan ikan yang berlimpah, masih saja mengimpor hasil laut dari luar.

Ini merupakan tanggung jawab kita sebagai anak Indonesia. Tidak cukup dengan berkata Bangga menjadi Anak Indonesia. Anak Indonesia seharusnya mampu mengubah keadaan ini dengan cara berinovasi melalui berbagai karya yang mempuni.

Seperti dikutip dari perkataan Agnes Monica "Kalo kamu bangga menjadi Anak Indonesia, kamu gak perlu nulis di jidat kamu AKU CINTA INDONESIA, cukup buktikan dengan prestasi yang membuat Indonesia Bangga". Saya pun sangat setuju dengan pernyataan tersebut. Inovasi Karya dari anak bangsa di berbagai bidang, sangatlah dibutuhkan. Bahkan bukan lagi menjadi sekedar kebutuhan, tetapi menjadi sebuah tuntutan di zaman era global.

Beberapa inovasi karya anak bangsa sebenarnya sudah mulai bermunculan. Dari pantauan saya, berikut ini adalah beberapa Inovasi Karya Anak Bangsa di berbagai bidang yang patut di teladani oleh anak Indonesia lain.

MX-KEY Dongle buatan Mualimin

Sebuah alat yang digunakan untuk memperbaiki kerusakan ponsel yang merupakan rancangan Mualimin, pemuda dari Indonesia yang hanya memiliki latar belakang STM Listrik. MX-Key telah menjadi andalan bagi para teknisi seluler untuk memperbaiki kerusakan ponsel, terutama pada bagian software/perangkat lunaknya. Tidak hanya di Indonesia, para teknisi seluler tingkat dunia juga menggunakan alat ini, antara lain India,Rusia, Philipina , Arab,Persia dan Iran.

Gaun Lady Gaga yang dirancang Tex Sevario

Busana Gaun Hitam yang dikenakan Lady Gaga untuk pemotretan di Majalah Fashion ternama Haarper's Bazaar Edisi Mei merupakan karya anak Indonesia. Dia adalah Tex Sevario, perancang busana muda Indonesia yang baru berkarir kurang lebih 5 tahun sebagai perancang busana profesional. Sejak gaunnya dikenakan oleh Lady Gaga, namanya mulai dilirik di dunia fashion Internasional.

Robot Pemadam Kebakaran buatan Mahasiswa ITB
Merekalah Syawaluddin Rahmatullah, Samratul Fuadi, Aslih Damaetri dan Dody Suhendra, empat mahasiswa Institut Teknologi Bandung yang berhasil memenangkan kontes robot Internasional. Tak sia-sia, mereka berempat melakukan riset kurang lebih dua tahun untuk merancang desain robot tersebut, dan akhirnya mereka memenangkan Kontes Robot Internasional yang diadakan di Amerika beberapa waktu silam.


Ketiga karya anak Indonesia di atas bisa saja menjadi Inspirasi untuk jutaan anak Indonesia lainnya. Apapun bidang yang kita tekuni, tidak menutup kemungkinan untuk kita mencetak prestasi. Karya-karya yang inovatif ke depannya diharapkan bisa menjadikan Indonesia lebih mandiri, utamanya dalam mengelola sumber kekayaan alam yang berlimpah.

Sebagai anak bangsa, kondisi ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Jangan menunggu hari esok untuk berkarya. Kesempatan untuk menciptakan karya-karya yang inovatif selalu terbuka di mana saja. Salah satunya adalah COMPFEST 2011 yang diadakan oleh Fakultas Ilmu Komputer Universitas Indonesia.

COMPFEST 2011 adalah sebuah kegiatan One Stop IT event yang digelar 24-26 Juni 2011 di SMESCO. Terdapat seminar, workshop, exhibition dan berbagai kompetisi sebagai ajang unjuk gigi buat putra-putri negeri yang produktif dalam menelurkan karya-karya inovatif. Ada empat kompetisi yang digelar, yaitu Programming Competition, Blogging Competition, Game Design Competition, dan Robotic Competition.

Ini merupakan kesempatan emas buat seluruh anak Indonesia yang ingin unjuk kebolehan dalam rangka menciptakan karya-karya inovatif. Jadi tunggu apalagi, persiapkan dirimu dari sekarang menyambut COMPFEST 2011 yang akan digelar bulan depan. [fz]


Referensi :
http://www.kaskus.us/showthread.php?t=7139436
http://www.tabloidbintang.com/barat/wajah/11054-wow-lady-gaga-pakai-gaun-perancang-indonesia.html
http://www.inilahjabar.com/read/detail/1419312/mahasiswa-itb-rancang-robot-pendeteksi-bom
http://keindahananakindonesia.blogspot.com/2011/04/bangga-menjadi-anak-indonesia.html

Related

INFOR 1125115762518954830

Posting Komentar

  1. Selamat ya, telah menjadi 25 finalis Compfest 2011

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item