Blogilicious Fun Makassar

Somelicious from Blogilicious Fun Makassar . . .

blogilicious fun makassar
Semarak Blogilicious Fun Makassar telah berakhir. Dua hari yang betul-betul melelahkan tetapi sungguh sangat menyenangkan. Senang rasanya bisa menjadi bagian dari suksesnya Blogilicious Fun Makassar yang di gelar 21-22 Mei 2011 silam. Meskipun saya cuman menjadi salah satu dari ratusan peserta yang hadir di Gedung PKP UNHAS kala itu.

Saya tidak bisa membayangkan betapa kecewanya mereka yang tidak sempat hadir di Blogilicious Fun Makassar ini. Terlalu banyak ilmu berharga dan Somelicious yang mereka lewatkan begitu saja. Yah "somelicious", singkatan dari some delicious, segala sesuatu yang bagi saya membahagiakan. Mungkin banyak yang bertanya-tanya tentang somelicious yang saya maksud, here it is:

Friendlicious
blogilicious fun makassarSaya adalah orang baru dalam dunia blogging. Susah rasanya menahan letupan kebanggaan bisa berada di tengah-tengah blogger-blogger hebat, bisa berinteraksi, bahkan berkomunitas dengan mereka semua. Saya senang bisa menjalin pertemanan dengan banyak orang di acara Blogilicious Fun Makassar ini. Berbeda dengan seminar biasa, acara ini berhasil mempersatukan pemateri dan peserta seminar dengan syarat kekeluargaan bukan layaknya artis dan fansnya. Pemateri bahkan duduk di kursi peserta dan berinteraksi langsung dengan peserta, just like a friend, friendlicious

Fashionlicious
blogilicious fun makassarDapat kaos bertuliskan Blogilicious menjadi kebanggaan tersendiri bagi saya. Mungkin bagi peserta lain, kaos ini adalah kaos biasa, tetapi bagi saya kaos ini terasa sangat istimewa. Ini adalah baju pertama yang saya punya dari komunitas online. Sedikit merasa lebih keren mengenakan baju ini. Baju ini mungkin bukan baju terbaik saya, tetapi baju ini akan menjadi baju kebanggaan buat saya. Bangga bisa memakai baju yang sama dengan blogger-blogger di seluruh Indonesia. Berasa baru dilantik menjadi bagian keluarga besar blogger Indonesia.

Foodilicious
blogilicious fun makassarHal lain yang saya suka dari Blogilicious Fun Makassar adalah makanannya. Untuk ukuran seminar dengan tiket seharga Rp. 20.000-an, ini seminar yang paling foodilicious menurut saya. Bisa makan enak selama dua hari membuat saya berfikir untuk memberi usulan ke panitia agar acaranya diperpanjang hingga sebulan. Jika dibandingkan makanan di kantin kampus saya yang harganya mencekik leher, makanan di Blogilicious Fun Makassar tentunya jauh lebih enak.

Prizelicious
blogilicious fun makassarBetapa senangnya ketika saya terpilih sebagai salah satu dari empat orang beruntung yang bisa memenangkan hadiah job review dari IdBlogNetwork. Tidak terfikirkan bisa pulang membawa hadiah segede itu. Tetapi yang membuat saya bangga adalah ketika saya bisa berfoto dengan Mba Mubarika Darmayanti di atas panggung dan bisa berkomunikasi dengan Mas Kukuh TW secara langsung. Dan lebih bangga lagi pas tau kalo Mas Kukuh TW ternyata akrab dengan alamat email ku "Faizlagi@ovi.com". Sepertinya personal branding ku selama ini gak sia-sia.

Blogilicious
blogilicious fun makassar
Yang terakhir adalah segudang ilmu tentang blog. Seperti kata pepatah "The Last Is The Best". Inilah yang paling berharga buat saya. Sebenarnya saya pernah ngeblog di tahun 2007, tetapi berhenti di tengah jalan karena dilanda rasa bosan. Materi yang dibahas di Blogilicious Fun Makassar pun hadir sebagai suplemen yang akan meningkatkan selera saya untuk tetap menulis di blog. Materi apa saja yang saya dapat?

a. Tips Blogging by Amril Taufik Gobel
Materi ini lebih banyak bercerita tentang pengalaman beliau di dunia blogging. Beliau menceritakannya dengan ringan dan touchble. Mendengarkan beliau bercerita bak mendengarkan dongeng heroik yang memacu adrenalin untuk bisa melakukan tindakan heroik serupa. Beliau memotivasi peserta untuk menulis dengan kata-kata sendiri. Pengalaman beliau seolah-olah memberi cambukan buat saya untuk bisa menekuni dunia blogging. Semua kisahnya memberi inspirasi buat saya, berlebih lagi beliau juga asal Makassar.

b. Etika Ngeblog by Raden Ajeng
Ini pertama kalinya saya melihat sosok Mba Ajeng yang selama ini tidak pernah muncul di blog, facebook, ataupun twitternya. Beliau orangnya sangat ramah dan tipikal orang yang humoris. Pada materi ini, Mba Ajeng memberikan pemahaman tentang Undang-undang yang membatasi kita dalam blogging sehingga dibutuhkan etika dalam ngeblog.

c. Mobile Blogging by Setyo Budianto
Senang bisa bertemu dengan mas setyo di Blogilicious Fun Makassar. Materinya pun lumayan menarik. Beliau menuturkan perkembangan teknologi di Indonesia yang memungkinkan para blogger untuk ngeblog di mana pun dan kapan pun melalui mobile blogging.

d. Social Media by Irayani Qeencyputeri
Kalo yang satu ini sudah tidak asing lagi. Beliau adalah mantan ketua Komunitas Blogger Makassar Angingmammiri. Beliau yang akrab disapa Rara ini merupakan dokter gigi. Dengan membawakan materi Social Media, Mba Rara berusaha menjelaskan betapa berpengaruhnya social media di kehidupan nyata.

e. Blogpreneur by Asri Tadda
Asri Tadda ini adalah pendiri sekolah blogging pertama di Asia. Beliau pun berbagi pengalaman selama berkecipung di dunia blog khususnya dalam upaya meraup pundi-pundi dollar melalui blogging. Orangnya sangat humoris, sesekali dia berceletuk dan membuat peserta tertawa terbahak-bahak.

f. Themes Design by Mustamar Natsir
Blogger asal Makassar ini sangat senang mengoprek themes design wordpress, sehingga tidak salah jika beliau di daulat untuk membawakan materi themes design blog. Beliau mencoba memperkenalkan komposisi blog mulai dari header, sidebar, sampai ke footer halaman. Sungguh pengetahuan yang jarang saya dapatkan.

g. Blog Monetizing by Kukuh TW dan Mubarika Darmayanti
Aku mengenal Mas Kukuh dari Kumpulblogger, tapi ini pertama kalinya saya bisa melihat beliau secara langsung. Di materi ini, beliau yang di temani Mba Rika memperkenalkan IdBlogNetwork dengan singkat, padat dan jelas. Jujur, saya benar-benar kagum dengan Mas Kukuh. Dan ini percakapan saya dengan teman saya (Irazdiana) saat Mas kukuh sedang presentase . . .

Saya : Mas Kukuh orangnya cerdas di'?
Teman : Iya Smart ki' baru karismatik. . . tapi kalo dipikir-pikir mirip ji kau.
Saya : hahaha.....

Waktu itu saya tertawa lepas tapi jujur dalam hati saya benar-benar meng-Aminkan. Saya ingin jadi the next Kukuh TW. Ingin punya banyak pengetahuan di dunia IT, ingin juga bisa jadi web developer seperti beliau.

h. SEO by Mas Gempur
Materi ini adalah materi yang paling ditunggu-tunggu banyak peserta, utamanya mereka yang sudah bukan pemula. Mas gempur pun membawakan materi yang terbilang kelas berat ini dengan cara yang santai dan ringan. Sayang, beliau lebih banyak membahas seputar SEO di Wordpress ketimbang Blogspot.

i. Security by Terren
Blogger Berusia muda dan jago hacking itulah penggambaran saya tentang Mas Terren. Beliau mahasiswa di Binus kurang tahu juga jurusan apa. Beliau mengajarkan kita untuk senantiasa berhati-hati dalam berselancar agar tidak kena tindak jahil para hacker. Pesan Mas Terren "Jangan menggunakan password yang sama untuk beberapa akun berbeda". Misalnya, password facebook dan password twitter harus di bedakan.

Harapan Road Blog ke depan . . .
Even seperti ini sebaiknya di adakan secara rutin minimal setahun sekali dan saya berharap agar pelaksanaannya juga bisa merata di berbagai kota. Salah satu pengunjung blog saya pernah berkomentar kayak gini :

blogilicious fun makassarKasihan juga melihat mereka yang berada jauh dari lokasi seminar. Di lokasi Blogilicious Fun Makassar pun saya menemui beberapa orang yang datang dari daerah pelosok Sulawesi Selatan demi menghadiri acara tersebut. Sungguh betapa antusiasnya mereka-mereka.


Harapan saya buat IdBlogNetwork
Semoga bisa mewadahi seluruh blogger di Indonesia. Nyaris setiap kota sudah ada komunitas bloggernya, tapi masing-masing komunitas sibuk dengan kegiatan mereka sendiri-sendiri. Saya berharap kedepannya IBN bisa menyatukan seluruh komunitas blogger Indonesia. Dengan bahasa saya, IBN bisa berubah fungsi menjadi Ikatan Blogger Indonesia. [fz]

Related

Blogilicious Fun Makassar 8653252158355516087

Posting Komentar

  1. Mantap... Dijelaskan secara mendetail... :D

    BalasHapus
  2. wkwkwkwkwkk...lucu before afternya :D

    BalasHapus
  3. Wah wah ,,, klo saya baca nich bisa jadi nominator "galaxy" xi3... manteb reviewnya :D

    BalasHapus
  4. @budhii : makasih yah bro. Saya juga sudah baca punyanya salewangang. Dan saya rasa review bro budhii juga keren.

    @om Amir : kemarin kamera handphone saya rusak, jd tidak punya banyak dokumentasi. Saya juga sempat ambil foto dari facebooknya om Amir. Thanks yahh.

    @Om Bowo : wah dapat rate dari master blogger di IBN nih. oh iya saya juga ngefans sama bloggersragen, jadi menginspirasi saya buat bikin domain bloggermakassar.com juga. Gak salah banyak advertiser yang memilih pasang campaign di Bloggersragen.

    BalasHapus
  5. I'd like to say thank you for your visit and comment on http://gadgetreviewq.blogspot.com some time ago.
    I'm also would like to sorry for I'm not approving it yet.
    Please consider to add your name before your keyword
    "smith @ your site/blog/keyword"
    If you are still interesting to give comments on my blog, please do so.

    "maaf banget mas ya..."

    Best regard,
    Yudi @ My Gadget Review

    BalasHapus
  6. makkala' ka baca ini.. hahaha.. hebat2 !
    saya belum tau mau tulis apa buat ini kontes -__-
    btw, salam kenal yah :)

    BalasHapus
  7. oiya blognya saya follow yeah

    *mengharapkan follow balik :p

    BalasHapus
  8. makasih gan infonya.... kunjungi blog ane juga yah gan.... Dofollow blog jg kox

    BalasHapus
  9. waaaaahhhh kontes yah gan..... ikutan ach...

    BalasHapus
  10. @yudhi Gadget Review : Iya gak papa . . . salam kenal aja...

    @alvidha : Thanks yah mba. Ayo buruan nulis sebelum 6 Juni 2011.

    @latest Nokia : oke nanti link kamu aku pasang. Salam kenal

    @Breast Care Tips : Ikutan Blogilicious Fun Makassar gak?

    BalasHapus
  11. Selamat Kak.., semoga bisa menang lagi.. Job reviewnya pasti asyik.!!
    Sepertinya ini tyang terbaik.., super lengkap dan mantap.!!!

    sY TUNGGU kinjungn baliknya kak.!!

    BalasHapus
  12. thanks yah mas wawank. ikutan juga dong mas, biar kontesnya seruuu. Blognya mas wawank kerenn jg tuhh.

    BalasHapus
  13. nasi kotaknya enak tuh...
    uda dapet banyak ilmu sekarang tinggal dipraktekin hehe

    BalasHapus
  14. @ balimoz : iyaa . Saya dapet banyak SOME DELICIOUS from Blogilicious Fun Makassar ini lohhh

    BalasHapus
  15. review fun makassar ini yang top, boleh belajar gimana cara menulisnya

    BalasHapus
  16. boleh aja bro mallongi . email ke faizlagi@ovi.com aja... hehehe Kamu ikutan kontes juga kan? Smoga sukses bro.

    BalasHapus
  17. dari td aku baca yg ginian trus, wah ternyata blogger2 makassar hbat2 smua yah, maju trus EWAKO MAKASSAR...!!!!

    BalasHapus
  18. @isal Cancer : Thanks @Isal telah berkunjung. EWAKO MAKASSAR. Salam Kenal Bro.

    BalasHapus
  19. Liputannya unik dan lengkap ... semoga kita bisa terus berbagi .. sambil terus positif dlm ngeblog.

    Terima kasih sudah mampir di blog saya. Maaf kunjungan baliknya telat :) ... blog ta' keren ... :)

    BalasHapus
  20. Makasih mbak Mugniar. Salam kenal dan sukses selalu ngeblognya.

    TErima kasih telah berkunjung. Senang kenal dengan Mbak. Rajin-rajin browsing biar blognya semakin cihuyyy

    BalasHapus
  21. banggaku bisa berkunjung kesini sambil belajar... semoga saya akanterus kesini...
    saya tak menyangka dapat belajar dari blog ini. salam blogger makassar. klu bisa
    berika tutorial yang untuk para newbie.saya baru saja mengembangkan dunia blogging.

    BalasHapus
  22. WAHHH... wah mantap .... qta mi dapat juaranya ini ...

    oh iya... senang ku baca itu yang makanan hehehe...

    bgmana dengar Jobreviw nya bro ?

    BalasHapus
  23. @Risman : Thanks bertubi-tubi buat mas Risman. Salah satu tujuan saya menulis adalah menginspirasi banyak orang. Semoga blog sederhana ini bisa menginspirasi. Tapi kalo disuruh bikin tutorial, sepertinya saya belum layak. Saya juga masih newbie. Justru sy yang harus banyak belajar.

    @Kumis : Amin. Saya ikut senang kalo ternyata tulisanku disukai orang lain. Urusan menang atau tidak, itu urusan belakangan. Job reviewnya lagi dikerja, lagi cari referensi ke Trans Mall. Thanks kunjungannya mas.

    BalasHapus
  24. Nice banget nih blognya...

    BalasHapus
  25. Huuhuhuhu...iri banget deh :D
    Pengen ikutan tapi lokasinya jauh banget.
    Gue sendiri ada di Jayapura dan eventnya gak sampai sini :(
    Aih..padahal pengen banget ikut :(

    BalasHapus
  26. @zippy : Insya Allah komentar kamu akan dibaca oleh tim IdBlogNetwork. Dan semoga tahun depan akan ada kegiatan Roadblog yang datang ke kota mu. Salam Kenal & sukses Selalu

    BalasHapus
  27. pasti banyak hal yang bisa dipetik dari acara ini, selain teman, pasti ilmunya juga bertambah he.he..

    Semoga sukses :)

    BalasHapus
  28. iya, banyak banget yang saya dapat. dapat teman baru, dapat makanan enak, dapat baju keren, dapat hadiah, dan dapat segudang ilmu blogging yang bermanfaat. Thanks mas sukadi atas kunjungannya.

    BalasHapus
  29. sayang solo gx ada , kepengen bgt niiiih......

    BalasHapus
  30. merapat ke Jogja aja. Jogja nanti kebagian kok bulan Juni. Sayang loh kalo gak ikutan. banyak loh yang lebih jauh dan bela-belain merapat ke Jogja demi Blogilicious

    BalasHapus
  31. dekat sih dari pinrang sayang guru nggak boleh bolos sekarang jadi ngggak bisa ikutan padahal pingin banget berinteraksi langsung dengan blogger-blogger hebat se Sulawesi Selatan

    BalasHapus
  32. Keren, nggak sabar menunggu acara yang di Jakarta,
    Sukses untuk Blogger Makassar.

    BalasHapus
  33. @Munir Ardi : Acaranya kan sabtu minggu, kenapa nggak datang hari minggu aja. Tapi kalo dipikir-pikir sih, memang jauh Makassar-pinrang, salut deh buat pak Guru yang satu ini. Salam kenal yah pak.

    @IndahJuli : Jakarta harus lebih heboh, harus lebih keren, soalnya Jakarta kan kota terakhir road blog. Sukses yah.

    BalasHapus
  34. kerennnnnnn


    itu baru namanya blogger

    BalasHapus
  35. ah bisa aja. Mas asmarie kali, yang blogger sejati. kalo saya mah baru ngeblog lagi sebulan terakhir. bdw thanks mas kunjungannya. keep blogging, keep inspiring.

    BalasHapus
  36. mantap..keren bangat nech..

    BalasHapus
  37. hehe Blognya mas husin jauh lebih keren. Eh, salam kenal yah mas sama semua blogger detik. Keren-keren semua tuhhh blognya. Cemburu....

    BalasHapus
  38. mantab saya suka before dan afternya hehehe :D

    BalasHapus
  39. hehe thanks mas fikrie. Before After itu ide konyol saya, tp bagus deh kalo banyak yang suka.

    BalasHapus
  40. selamat ya jadi nominator IDP

    BalasHapus
  41. waaahhhh jadi pngennn tau etika ngeblog bagaimana dr Rd.Ajeng

    BalasHapus
  42. Kebetulan Saya juga hadir blogilicious wilayah makassar, Alhamdulillah banyak yang bermanfaat di sana...

    Salam kenal...

    BalasHapus
  43. @akhmad mukrofin : iya. thanks yah. jangan lupa di vote atuhh.

    @Umy : Makanya ikutan blogilicious juga dong. Merapat ke Palembang, Jogja, Jakarta, giiih. Mbak Ajeng orangnya humoris lohhh.

    @kisah muallaf : sama Om, saya juga banyak dapat ilmu dr sana. langsung sy praktekkan semua. salam kenal balik om.

    BalasHapus
  44. salam kenal ca,

    semoga sering2 ada acara seperti ini di makassar ^_^

    BalasHapus
  45. salam kenal balik. Iya saya juga senang dengan acara yang melibatkan komunitas online di makassar.

    BalasHapus
  46. thanks untuk kunjungannya ya

    BalasHapus
  47. Thanks kunjungan baliknya juga yah mbak Lidyaa...

    BalasHapus
  48. Ini mah beneran blogger ya...kalau saya blogger kambuhan....he he he

    BalasHapus
  49. dulunya sih saya juga begitu, tapi kata mas gempur, salah seorang pemateri di blogilicious, "kita sebagai blogger harus bangga, dan menjadikan blogger sebagai profesi utama, bukan kerjaan sampingan".

    BalasHapus
  50. lengketmi inie tulisan di page 1 gugle :D

    BalasHapus
  51. Wah mantab nih tulisannya. Nggak ragu Kalau ini jadi juara di Lomba SEO. Sukses ya mas.

    BalasHapus
  52. @putakaers : iya lengket, tapi di posisi 6. Kalo pustaka sekolah lengketnya di posisi 3. Ilmu SEO ku masih kalah sama OM AMIR, (*_*)

    @humanpast : Doakan yah OM. Salam kenal...

    BalasHapus
  53. wah pasti seru acar blogilicious fun makassar, semoga ada acara serupa di kota saya

    BalasHapus
  54. wiiihhh asyik tuh bisa kumpul sama blogger2 yg lain...
    saya masih nunggu yg di Jogja nich :p

    BalasHapus
  55. iya, apalagi saya blogger baru. dulu cuman sering lihat di media online, tp sekarang bisa ketemu langsung. senang riang gembirang. hahaha

    BalasHapus
  56. @mamah aline : semoga saran mamah bisa tersampaikan ke panitia Blogilicious fun makassar ini.

    BalasHapus
  57. Poto before afternya keren :P

    Salam.. .

    BalasHapus
  58. wah, keren, kompak bgt deh ^^

    BalasHapus
  59. @Mood : hehehe itu foto aib. khilaf juga saya menguploadnya. wkwkwk

    @tyara: Perasaan kagum dan bangga bersatu jadi satu, ketika bisa bergabung dengan blogger-blogger hebat di acara itu. Semuanya kompak. Saya yakin, mbak tyara skalipun jika hadir disana pasti bisa kenal dengan blogger2 hebat

    BalasHapus
  60. salam kenal ya.

    saya sedang ikut Blogilicious di UPN Jogja lho. asyik banget ya ikutan acara seperti ini, bisa tambah temen2. yang pasti tambah kenalan blogger-blogger yg terkenal

    BalasHapus
  61. wah suksesyah Blogilicious Jogja . . . Salam buat seluruh blogger jogja.

    BalasHapus
  62. Rame dan senang pastinya, apalagi dapat job review yang jelas lumayan banget! ^_^

    BalasHapus
  63. reviewnya keren, jelas bgt, moga suatu saat nanti uni bisa ikutan :)

    BalasHapus
  64. Ikuti Konferensi Rajab 1432 H dengan tema "Hidup Sejahtera Di Bawah Naungan Khilafah". Bertepatan dengan peringatan Isra' & Mi'raj 1432 H. Tempat Celebes Convention Center (CCC) Jl. Metro Tanjung Bunga Makassar. Ahad, 26 Juni 2011, 08:00-12.00. Penyelenggara DPD I Hizbut Tahrir Indonesia Sulawesi Selatan. Tiket terbatas. Segera hubungi klinikindonesia.com 08124283042.

    BalasHapus
  65. maksih udah singgah di rumah ku :
    sukses selalu :)

    BalasHapus
  66. wah beruntung sekali kamu sobat, mga saya juga bisa deh,,hehe

    BalasHapus
  67. kapan ya ku bisa,,..pasti bisa kayak agan nantinya..hehe

    BalasHapus
  68. cukup satu kata dari saya hidup blogger

    BalasHapus
  69. salam kenal mas,kunjungi blog ku jg yah mas

    BalasHapus
  70. Amazing artikel…. Semoga saya bisa praktekan tipsnya dan berhasil

    BalasHapus
  71. Terima kasih atas pencerahannya, tulisannya menarik juga. Saya akan coba

    BalasHapus
  72. aku paling senang dengan semua pengetahuan ini, terima kasih sudah berbagi ilmu

    BalasHapus
  73. Setelah membaca Info dan Artikel, saya jadi ingin mencoba. Salam Sukses

    BalasHapus
  74. Terima kasih atas Artikel dan Info yang selalu menambah wawasan.semoga sukses

    BalasHapus
  75. Menarik, sangat Menarik Artikel dan Tipsnya. boleh dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  76. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  77. Tulisan dan Tipsnya sangat bermanfaat dan Infomatif. wajib dicoba. sukses selalu.

    BalasHapus
  78. Tips yang cerdas cuma di Wibesite ini banyak kumpulan Artikel bagus. harus dicoba. salam sukses

    BalasHapus
  79. Amazing artikel, Infonya bagus banyak mengandung Tips dan Pesan yang bermutu. salam sukses

    BalasHapus
  80. cemerlang Postingan dan Infonya.boleh dicoba. ditunggu info berikutnya. Terimaksih

    BalasHapus
  81. Setelah membuka Wibesite ini, saya menemukan Artikel yang Amazing dan infonya boleh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  82. Saya menemukan Artikel hebat di wibesite ini jadi ingin coba Tipsnya. Semoga berhasil

    BalasHapus
  83. Saya senang setelah membaca Tips dan Artikelnya, harus dicoba.Semoga berhasil

    BalasHapus
  84. Info dan Tulisannya Amazing, boeh dicoba. Sukses selalu

    BalasHapus
  85. Tipsnya sangat Infomatif, wajib dicoba salam sukses

    BalasHapus
  86. keren udah sampe ada komunitasnya gitu ya,,, di samarinda sepertinya belum ada ,,, pingin ketemu sesama blogger :D

    BalasHapus
  87. Yang komen di sini masih banyak yang gabung di IDBlogNetwork? atau sudah migrasi ke adsense semua? :)

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item