Cara Tepat dalam Mengelola Uang dari Pinjaman Dana Agar Tidak Merugikan

 


Semakin kesini ada semakin banyak lembaga keuangan yang menawarkan produk pinjaman dana. Baik itu bank maupun non bank, namun sebagai debitur yang cerdas tentunya harus selektif dalam memilih dimana akan ambil kredit atau pinjaman. Karena memang tidak semuanya dapat dipercaya. Tak jarang yang justru merugikan bagi nasabah mereka. Karena memberikan pinjaman dengan bunga yang begitu besar, disertai dengan adanya syarat atau ketentuan lain yang tidak masuk akal.

 


Untuk itu pastikan Anda hanya mengambil pinjaman dari lembaga yang terpercaya, jelas keamanannya sehingga tidak menyesal di kemudian hari. Hal lainnya yang juga tak kalah penting adalah mengetahui bagaimana cara yang tepat dalam mengelola uang pinjaman dana tersebut sehingga tidak merugikan Anda, berikut ini langkah-langkahnya, yaitu:

 

  1. Manfaatkan untuk sesuatu yang produktif, hendaknya jangan menggunakan uang pinjaman atau hutang untuk sesuatu yang bersifat konsumtif, karena sama artinya dengan bunuh diri. Berbeda jika Anda memanfaatkannya untuk kebutuhan produktif, maka nantinya uang tersebut dapat diputar untuk menghasilkan sumber pemasukan lain, serta bisa digunakan untuk membayar cicilannya.
  2. Hindari menggunakan uang pinjaman untuk membayar hutang, sering kali kita menjumpai istilah gali lubang tutup lubang. Dimana memang meminjam uang dengan tujuan untuk membayar hutang yang lain, kesalahan yang nantinya sudah pasti akan membuat Anda sangat menyesal. Karena sama artinya dengan memperlebar hutang.
  3. Bayar cicilan tepat waktu, sebisa mungkin Anda harus membayar cicilan tersebut tepat waktu, jika memang sudah ada uang maka jangan menunda untuk membayar tanggungan atau hutang tersebut, sehingga nantinya beban Anda juga tidak berlarut-larut dan justru akan bertambah besar jika seandainya telat dalam membayarnya.

 

Anda bisa ambil pinjaman dana dari LPDB mitra koperasi, dimana lembaga yang satu ini adalah milik pemerintah yang secara khusus menyalurkan dana pinjaman operasional kepada pelaku usaha yang membutuhkan. Tak perlu khawatir karena memang aman, ditambah lagi untuk beban suku bunganya sendiri juga relatif kecil, jadi tak akan terlalu membebani Anda.

 

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item