Dongeng Anak Sholeh : Kelinci Penolong dan Si Kura-Kura Pembohong

Suatu hari si kura-kura mengunjungi rumah si kelinci. Si kura-kura menceritakan tentang pohon mangga depan rumahnya yang mulai berbuah. Si kelinci menyimak cerita si kura-kura dengan seksama.

Si kura-kura sebenarnya ingin meminta bantuan si kelinci, karena di malam hari, seringkali monyet-monyet hutan datang mencuri mangga milik si kura-kura. Si kura-kura tidak bisa mengusir monyet-monyet itu sendirian. Dengan senang hati, si kelinci pun siap menolong mengusir monyet-monyet hutan tersebut ketika mereka datang di malam hari.

Di suatu malam, si kura-kura berbohong. Dia berteriak sekeras-kerasnya meminta bantuan si kelinci,

"Tolong-tolong, ada monyet hutan", teriaknya

Padahal saat itu, tidak ada satupun monyet hutan yang datang. Si kelinci pun terbangun mendengarkan teriak sang kura-kura, dan segera berlari menuju rumah si kura-kura.



Ketika si kelinci datang, Dia begitu heran karena tidak melihat seekor monyet hutan pun di atas pohon mangga. Si kura-kura pun tertawa terbahak-bahak karena berhasil membohongi si kelinci.
Karena kesal, si kelinci pulang dan kembali tidur.

Malam semakin larut, tiba-tiba rombongan monyet-monyet hutan pun benar benar datang mencuri mangga-mangga di pohon. Si kura-kura pun panik bukan kepalang. Dia teriak sekeras-kerasnya meminta pertolongan sang kelinci.

"Tolong-tolong, ada monyet hutan" teriak sang kura-kura

Meskipun sang kelinci mendengar teriakan sang kura-kura, tapi si kelinci tidak menghiraukannya. Dia mengira kalau sang kura -kura hanya berbohong. 

Karena si kelinci tidak juga datang, sang kura-kura berusaha mengusir monyet-monyet itu sendirian. Apa daya, monyet-monyet itu telah melahap habis mangga-mangga yang ada di pohon. Sang kura-kura pun menangis terseduh-seduh.


Pesan : 
Adik-adik ingat yah, jadilah orang yang jujur. Jangan sekali-sekali berbohong, karena sekali berbohong bisa merusak kepercayaan orang lain terhadap kita



Kutipan Ayat :

“Hai orang-orang yang beriman bertakwalah kepada Allah, dan hendaklah kamu bersama orang-orang yang benar.” (QS. At Taubah: 119).

“Tetapi jikalau mereka berlaku jujur pada Allah, niscaya yang demikian itu lebih baik bagi mereka.” (QS. Muhammad: 21)

Related

DAKWAH 5750185065034591159

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item