Hari Susu Nusantara, Saatnya Memilih Susu Segar

Hari Susu Nusantara - Salah satu sumber gizi yang telah diakui di berbagai penjuru dunia adalah susu. Hal ini tergambar jelas dengan pematenan Hari Susu Sekolah Sedunia yang jatuh pada hari Rabu terakhir pada bulan September tiap tahunnya, dicetuskan oleh Badan Pangan dan Pertanian PBB dengan tujuan untuk meningkatkan konsumsi susu dan asupan gizi yang baik bagi anak-anak serta membantu perkembangan industri susu di seluruh dunia.

Menurut data di tahun 2010, konsumsi susu per kapita masyarakat Indonesia hanyalah 11,7 liter per tahun. Meski mengalami peningkatan, angka ini tetap terbilang rendah jika di bandingkan dengan konsumsi susu di negara tetangga. Di Malaysia sekitar 30 liter per tahun, sementara Vietnam sekitar 12 liter per tahun.

Rendahnya angka konsumsi susu di Indonesia antara lain disebabkan kurangnya kesadaran akan pentingnya nutrisi susu bagi tubuh. Dengan upaya meningkatkan kesadaran akan pentingnya nutrisi susu, pemerintah pun mencanangkan Hari Susu Nusantara yang jatuh setiap tanggal 1 Juni, dan tahun ini merupakan tahun ketiga dengan tema "Segelas Susu Segar Sehari".

Bagaimana memilih susu segar ?
Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan ketika membeli susu :
  1. Kemasan Susu Mengembung.Hal ini terjadi akibat kebocoran kemasan yang memingkinkan mikroba-mikroba pembusuk tumbuh dan memfermentasi susu. Fermentasi susu oleh mikroba pembusuk menghasilkan gas karbondioksida yang menyebabkan gembung.
  2. Kemasan susu penyok, robek, tidak utuh, atau bocor
  3. Rasa susu asam dan berbau tidak sedap. Selain menghasilkan gas, fermentasi mikroba pembusuk juga menghasilkan alkohol dan asam-asam organik yang menyebabkan susu menjadi berasa dan berbau asam
  4. Susu mengental. Ini merupakan indikasi bahwa susu telah rusak akibat penggumpalan dan pemecahan protein akibat penurunan pH oleh asam-asam organik.
  5. Susu telah melebihi tanggal kadaluarsa.

Sekian dulu yah tips dan infonya. Semoga dengan ditetapkannya hari susu nusantara dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya nutrisi susu. Ayo minum susu. [fz]

Related

Tips Gaul 1036062031461781879

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item