Hasil Sharing Dari Mubarika Darmayanti

Ini hasil kopdar tadi pagi bareng Mba Mubarika Darmayanti, setelah tadi siang saya memposting pertemuan saya dengan beliau. Malam ini, saya tertarik buat nulis hasil sharing bareng beliau.

Jumlah blogger di seluruh Indonesia ada 5 juta orang. Wow banyak juga yah, angka cantik, gampang disebutin. Seandainya gw gak jadi blogger, mungkin jumlahnya sekitar 4999.999. Betapa ribetnya kan buat disebutin. Halah

Banyak diantara mereka yang tenar lebih dulu, terus bikin blog. Mereka disebutnya Selebriti Blogger. Contohnya ada Sherina Munaf dan Raditya Dika. Mereka punya banyak follower, karena mereka sudah terkenal lebih dulu. Dan tau nggak? Ternyata sekali ngetwitt, selebriti blogger dibayar sampe 9 juta rupiah. Woow. Ini dinamakan twitt berbayar. Biasaya datangnya dari para advertiser.

Kenapa bisa ?

Ternyata belanja iklan di Indonesia itu berkisar 700 Miliar. Dan 25% nya merupakan belanja iklan melalui media online. Jadi sekitar 175 miliar. Melihat potensi ini, Agustus 2010, Mas Kukuh TW, Mba Mubarika Darmayanti, dan Mas Farid bergabung membentuk sebuah perusahaan advertiser berjudul “idBlogNetwork”.

IdBlognetwork yang sudah berusia 8 bulan ini, merupakan media bertemunya para advertiser (pemasang iklan) dengan para blogger. Mungkin sebelumnya sudah ada situs kayak gini. Tapi idblognetwork memang beda.

Yang pertama, karena IdBlognetwork tidak mementingkan trafic blog para blogger, sehingga blog pemula yang hanya mengandalkan kualitas tulisanpun boleh bergabung. Memang idblognetwork ini, menitikberatkan pada kualitas menulis bloggernya. So, let be a qualified blogger.

Yang kedua, bedanya dari segi fee-nya. Id BlogNetwork memberikan porsi pendapatan yang lebih besar dibandingkan yang lainnya. Proporsinya, 65% buat blogger, dan 35%buat operasional perusahaan. Jika kita compare dari segi CPC (cost per click), IdBlogNetwork berani membayar 2000/klik iklan sedangkan situs serupa cuman 100-350 rupiah per klik. Belum lagi jika dicompare dengan fee dari job review iklan. Itu bisa mencapai 1,3 juta per review.

Oh yah!! IdBlogNetwork ini punya 4 program earn money yang masuk akal, bukan “cara cepat kaya” seperti disitus tetangga. Cara tersebut adalah:


1. Mereview artikel, iklan, produk, dll
2. CPC (cost per click)
3. CPA (mengumpulkan data)
4. CPT (lupa)

Dan yang paling terdahsyat adalah program 3 bulan sekali ke Hongkong DisneyLand.

Program ke HK yang pertama telah diselenggarakan.

Ada 6 blogger yang beruntung mendapat ke sempatan ke Hongkong GRATIS.

  1. Priyadi – Blogger yang ngebahas maslah umum dan politik
  2. BennyChandra – Blogger yang fokus di bidang musik
  3. Setya Budianto – Blogger yang tertarik pada dunia travelling
  4. Isnuansa – Blogger yang rajin memberikan cerita remaja
  5. Jauhari – Blogger berpenghasilan 100 juta perbulan yang fokus pada design template
  6. Amril Taufik Gobel – Review movie, dan travelling di Yahoo

Nah, beberapa minggu ke depan bakal berangkat lagi ke Hongkong buat yang kloter dua. Tapi tadi barusan ngecek, ternyata belum ada pengumumannya.

Sekian yah ... Ini yang gw dapet dari hasil sharing tadi pagi bersama Mba Mubarika Darmayanti.

Related

Makassar 7941926522147431841

Posting Komentar

  1. sukses slalu sobat..mantap

    BalasHapus
  2. wah, sudah sejak lama ingin sekali bergabung dengan ID Blog Network, bersediakah sobat untuk memberikan referensi kepada blog saya saat mendaftar? terimakasih :)

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item