Tips Mudik Berkendara Aman (Safety Riding)

Tips Mudik Berkendara Aman - Halo sahabat remaja, menjelang lebaran nanti pasti semuanya pada sibuk mudik kan? Dan sekarang adalah saat yang tepat nih buat berburu tiket, biar bisa kebagian kursi.

Tapi, buat sahabat remaja yang punya kendaraan sendiri, kalo memungkinkan, ada baiknya menggunakan kendaraan sendiri, baik itu mobil atau motor.

Namun tetap waspada dan berhati-hatilah selama perjalanan. Karena biasanya pada saat mudik, sering banget terjadi kecelakaan. Ini bukan rumor loh, terbukti setiap tahun selalu ada korban kecelakaan lalu lintas. Dan untuk itu, saya mau share sedikit tips mudik berkendara aman bagi sahabat remaja yang niat pulang kampung naik kendaraan pribadi :


Tips Mudik Berkendara Aman

Gunakan Helm, Gunakan Seatbelt
Yup, helm untuk pengendara motor memang sangat penting. Alasannya bukan supaya tidak ditilang polisi, tetapi buat jaga-jaga. Kalo misalnya terjadi kecelakaan, helm adalah satu-satunya pelindung kepala kita. Sama halnya dengan seatbelt buat pengendara mobil. Jika terjadi kecelakaan, seatbelt menghindarkan kepala si pengendara terbentur pada kaca depan mobil.

Patuhi Rambu
Kalo yang satu ini, kudu wajib. Jangan pernah melanggar rambu-rambu lalu lintas. Selain bisa mencelakakan diri sendiri, juga bisa mencelakakan diri orang lain. Belum lagi resiko ditilang polisi kalo sahabat remaja melanggar.

Ingat kapasitas muatan
Ini juga salah satu penyebab seringnya terjadi kecelakaan kala mudik. Banyak pengendara yang dengan sadar dan sengaja berkendara dengan muatan lebih. Padahal, hal ini kan jelas sangat berbahaya bagi keselamatan diri si pengendara.

Jaga Jarak
Selain kelebihan muatan, menjaga jarak juga sama pentingnya. Seringkali ketika mudik, jalanan padat, orang-orang mulai lupa untuk jaga jarak. Jika tiba-tiba kendaraan di depan me-rem, sering kali terjadi kecelakaan.

Pakai Headset
Pakailah headset ketika menerima telepon, jangan digunakan buat dengar musik yah. Headset ini tentunya berguna ketika ingin menerima telepon saat berkendara, khususnya pengendara motor. Karena jangan sampai terjadi kecelakaan saat sedang menerima telepon.

Pasang Jaket dan Jaga Kondisi Badan
Selama berkendara, sebaiknya tetap jaga kondisi badan tetap fit. Bila perlu, minumlah suplemen multivitamin agar kondisi badan tidak mudah drop dan ngantuk. Dan khusus buat pengendara motor, sebaiknya gunakan jaket selama perjalanan. Biar bisa mencegah masuk angin.

Berdoa
Yang terakhir adalah berdoa. Apapun usaha kita untuk bisa selamat dalam perjalanan, tanpa diiringi doa memohon keselamatan, rasanya sia-sia. Perlindungan Tuhan jauh lebih aman, dibanding semua perlindungan yang kita rencanakan. {fz}

Related

INFOR 597525147437010836

Posting Komentar

  1. thanks udah dikasih tipsnya .. tapi kalau pengendara lain ugal2an kita bisa celaka juga sih :((

    BalasHapus
  2. yup benar. tp selama kita tetap jaga jarak. Insya Allah selamat deh.

    BalasHapus
  3. bener tuh bro tips diatas berguan banget, pulkam kan pengen silaturrahim sama keluarga bukannya malah cari penyakit..

    BalasHapus
  4. yup setuju buanget tu so jaga diri kita

    BalasHapus
  5. betul tuh, dan jangan ugal-ugalan pas perjalanan :D

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item