Film Surat Kecil Untuk Tuhan

Film Surat Kecil Untuk Tuhan - Sahabat Remaja, sudah pada nonton film Surat Kecil Untuk Tuhan (SKUT) belum? film ini sudah rilis sejak 7 juli 2011 kemarin loh. Buat yang belum nonton, ada baiknya lihat review dan trailer nya terlebih dahulu. Cekidot.



Film ini diangkat dari kisah nyata Gita Wanda Cantika (Keke), seorang gadis remaja berusia 13 tahun yang mengidap kanker jaringan lunak atau dalam istilah kedokteran Rhabdomyosarcoma. Keke adalah pasien pertama di Indonesia yang menderita kanker tersebut sehingga perjuangannya untuk hidup normal sangat mengharubiru.

Kisah tentang perjuangan Keke melawan kanker ini sebenarnya telah dinovelkan terlebih dahulu oleh Agnes Davonar dengan judul yang sama. Skylar pictures selaku rumah produksi film tersebut tertarik mengangkat kisah ini ke layar lebar karena novelnya begitu laris (best seller) dan berhasil membuat jutaan pembacanya bercucur air mata.

"Surat kecil untuk Tuhan" jiplakan "Letter to God" ?
Beberapa forum online sempat menanyakan hal ini. Banyak yang menuduh bahwa film Surat Kecil untuk Tuhan adalah karya jiplakan dari film barat yang berjudul "Letter to God". Namun, setelah ditelusuri ternyata novel "Surat Kecil Untuk Tuhan" lebih dulu terbit di tahun 2008, dibandingkan dengan film "Letter to God" yang baru rilis tahun 2010.


Kisah Keke pun benar-benar ada, orang-orang aslinya pun benar-benar ada, bahkan Sahabat Remaja bisa berziarah ke kuburan Keke. Keke meninggal pada tahun 2006, dan kisah ini kurang lebih 3 tahun terakhir sebelum Keke meninggal. Jadi kalo ditarik mundur lagi, kisah nyata ini terjadi sekitar tahun 2003 silam.

Awalnya kisah hidup Keke hanya bisa dibaca secara online melalui blog pribadi Agnes Davonar, namun sejak kisah ini dibaca oleh 350.000 pembaca online. Agnes mengangkatnya dalam bentuk novel dengan judul yang sama. [fz]

Related

MOVIE 8212910758203201041

Posting Komentar

  1. HA???? film surat kecil untuk Tuhan, relase tahun 2008???? SEJAK KAPAN?????????

    surat kecil untuk tuhan release tahun 2011..

    JANGAN NGARANG LOE...........

    BalasHapus
  2. baca ulang yah "novel Surat Kecil Untuk Tuhan terbit tahun 2008". bukan filmnya. OK. kalo filmnya memang realese 2011.

    Semua isi blog ini, mengambil referensi sumber-sumber terpercaya. kalo pun ada info yang salah, Insya Allah secepatnya saya ralat. thanks for comment :)

    BalasHapus
  3. benar, kisah ini sangat mengharu biru

    BalasHapus
  4. ga ada yang nyontek... ini kisah yang sering terjadi. yang terakhir keluar belum tentu nyontek... nikmati aja film-nya... biar penonton aja yg menilai... hmmm...

    BalasHapus
  5. maaf ya, saya bukannya tidak mnghargai karya orang lain atau apa, saya bangga dengan siapapun yang menulis novel SKUT, oke novel rilis 2008, fine, masalah selesai,.
    sedangkan film a letter to god rilis 2010, sedangkan SKUT rilis 2011.. sekali lagi FILM-nya, bukan novel..
    masalhnya ketika film SKUT rilis, kenapa harus sama jalan ceritanya dengan a letter to god? gk bisa lebih kreatif lagi? a letter togod pun real story, ada korbannya, sama kayak SKUT, ketika baca novel aq pikir, bakalan menarik ini klo di bkin film, ternyata a letter to god, muncul duluan, bagus juga, eh, muncul film SKUT, dengan jalan cerita yg sama dengan a letter to god, walaupun memang SKUT berngkat dari novelnya, tapisetidaknya, knapa gk dijadiin yg lebih kreatif lagi...
    ko sperti itu, orng yg nonton SKUT, yg sbelumnya udh nonton a letter to god, pasti lngsung berpikiran. "ahh, dasarr indonesia, jiplak trus..", yakin deh scara spontan akan sperti itu..

    BalasHapus
  6. jiplak lagi,,, jiplak lagi,,,
    emang sutradara indo gada yang kriatif,,,
    plagiat semua

    BalasHapus
  7. kenapa harus mencaci jika tak bisa berkarya sendiri,,
    andai tak ingin ada lagi yang namanya jiplak menjiplak di indonesia,,
    berkreasi dan berkaryalah,,jangan hanya sekedar menikmati dan berkomentar,,
    kalo nggak bisa apa",,
    diam jauh lebih baik dan terpuji,,
    :)

    BalasHapus
  8. aku suka dgn film ini...membuat aku akan lebih mencintai klga terutama anak"aku...smoga keke d terima amal ibadahnya,,,,amin.....

    BalasHapus
  9. Maaf nimbrung...
    Masalah jiplak menjiplak kita singkirkan
    Sekarang yang perlu dibahas adalah JUDUL
    Cerita ttg alm. Keke itu ga menonjolkan bagaimana komunikasi dia terhadap Tuhan (bisa dibilang, isi film ga sesuai dengan judul) lain hal dengan kisah alm. Tyler, disini dia benar-benar menunjukkan komunikasinya lewat surat bukan seperti SKUT
    Dan aku yakin, kisah Keke itu ga MURNI seperti itu
    Karena secara logika aja, ga mungkin ada kisah dua orang yang sama kronologi-nya
    #Mending jadi PR buat semuanya, bandingkan film "Letter to God" dengan "SKUT", psti buat yang nonton Letter to God duluan akan bergumam kalau SKUT itu plagiat
    Cuma sedikit perbedaan antara kisah ini, cuma di masalah keluarga
    Yang lainnya tetap sama dengan Letter to God
    Jadi ya intinya, Koreksi karya dulu baru berani menampilkan
    Jangan sampai orang berkata bahwa itu sebuah JIPLAKAN

    :)

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item