Bukan Pameran Biasa

Pintu Depan FKI 2011

Festival Komputer Indonesia 2011 telah usai, sebuah pameran produk IT yang diadakan secara rutin sekali dalam setahun. Biasanya acara ini digelar secara serentak di beberapa kota besar di Indonesia. Dan saya pun merasa bersyukur karena Makassar, tempat domisili saya, selalu terpilih menjadi salah satu kota lokasi pameran ini.

Dari Balik Gunung Menuju Festival Komputer Indonesia 2011 . . .
Nyaris, setiap tahun saya menyempatkan diri hadir di acara ini. Namun, tahun ini ada yang berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Tahun ini saya tidak berangkat dari rumah, berhubung saya sedang berada di Sinjai tepatnya di Kecamatan Manipi (tepat berada di bawah gunung). Saya pun berangkat dari Manipi menuju ke Celebes Convention Center, tempat berlangsungnya Festival Komputer tersebut. Kurang lebih menempuh jarak sekitar 110 km dan memakan waktu hingga 5 jam.

Pasar Manipi, Sinjai


Lokasi Pameran, Celebes Convention Center

Tiba di lokasi pameran, saya pun bergegas masuk, nyaris lupa beli tiket. Padahal, jelas-jelas ada tiket booth di halaman depan pameran.

Tiket booth

Setelah mengantongi tiket seharga Rp. 5000,- saya pun masuk ke lokasi pameran. Keramaian lokasi pameran membuat saya semakin semangat. Berbagai promo yang ditawarkan membuat saya gencar menelusuri stand demi stand. Membandingkan harga antara stand satu dengan yang lain menjadi aktivitas yang menyenangkan kala itu. Lebih dari itu, saya pun mendapat berbagai pengetahuan tentang produk-produk IT terbaru di Indonesia.

Pameran atau Reunian ?
Anehnya, nyaris di setiap stand, saya menemui teman-teman saya yang bertugas menjaga stand. Mulai dari teman Kuliah, teman SMA, teman SMP, bahkan teman SD. Ada yang bertugas di Informasi, di stand makanan, di tiket booth, bahkan ada juga yang jadi MC. Seolah-olah pameran ini disulap menjadi lokasi reunian teman-teman saya.

Lucunya, saya sempat bertanya-tanya kepada seorang SPG tentang produk laptop, dan setelah lama berbincang, sayapun baru sadar kalo ternyata si SPG itu teman saya waktu SMA. Sedikit malu, tetapi sungguh membuat saya tertawa terbahak-bahak. Ternyata dunia ini begitu sempit.

Sisi Lain dari Kemeriahan Festival Komputer Indonesia 2011 . . .
Ada kejadian menarik yang sempat tertangkap oleh kamera saya malam itu. Di balik kemeriahan Festival Komputer Indonesia 2011, ternyata ada sosok seorang Ibu yang sedang sibuk memungut sampah botol bekas minuman di lokasi pameran.

Seorang Pemulung di Lokasi Pameran

Miris rasanya ketika membandingkan kehidupan orang-orang yang berada di dalam lokasi pameran yang sedang sibuk berbelanja produk IT, sementara ada seorang ibu yang tengah berjuang mengais rejeki hingga malam hari untuk bisa hidup dan menghidupi anaknya.

Pemandangan itu, membuat saya tercengang. Mengingat jam sudah menunjukkan pukul 10.00 WITA, dimana orang-orang sedang beristirahat di rumah, namun ternyata ada seorang ibu yang tetap semangat mencari rejeki. Sesekali ku intip gerak-geriknya yang cekatan memungut botol demi botol. Matanya yang sayu tak henti menyebar pandangan agar bisa mendapat banyak botol minuman. Ini benar-benar membuat saya mengerti pentingnya rasa syukur.

Titip Saran buat Festival Komputer Indonesia 2012 . . .
Sekedar menitip saran buat dyandra promosindo, selaku penyelenggara even ini. Jujur saya sangat senang dengan adanya pameran produk IT yang diselenggarakan secara rutin. Setiap tahun, peningkatan pelayanan terus dilakukan. Berbagai kegiatan pendukung seperti kontes cosplay, review kontes, Kuis jagoan IT, HOT Sale dan lelang telah dilaksanakan dengan baik, namun sayangnya pameran ini yang konon mendulang ratusan juta, sama sekali tidak membuat kegiatan bertema sosial.

Tebak! Ruangan Apakah Ini? Ini adalah Mushalah.

Selain Itu yang mungkin terlupakan adalah mushalah. Lokasi Mushalah yang berada di lantai dua, nyaris tidak terdeteksi oleh pengunjung. Sehingga saya yakin, banyak pengunjung muslim yang lupa shalat. Selain karena lokasi mushalah jauh, mungkin kemalasan juga dipicu karena jarak antara tempat wudhu dan mushalah sangat jauh.

Gambar-Gambar, Sayang Jika Dibuang

Tempat Informasi dipadati Pengunjung yang Ingin Ikutan Doorprize

Food Court di dalam lokasi pameran

Stand Esia

Stand Indosat Mobile

Tamiya Rally Competition

Lokasi Parkiran Motor

Peragaan Kimono

Related

Makassar 4382216076809053016

Posting Komentar

  1. wah... manipi sebuah ibukota kecamatan di Sinjai... pemandangannya begitu asri.. ditambah dengan cuaca yang begitu sejuk ... sy berharap daeng Faiz mengulasnya di segment tersendiri... saya tunggu yach tulisannya.. ^_^

    BalasHapus
  2. wah sedih liat ibu2 yang mungut malam2 :(

    BalasHapus
  3. @om amir : koleksi foto di manipi sedikit. hehehe

    @flantera : iya

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item