Memilih Bisnis yang LongLife


Postingan kali ini saya akan membahas tips memilih bisnis yang longlife. Ini murni dari pengamatan saya selama berkecipung di dunia bisnis. Hingga hari ini berbagai pengalaman saya di dunia bisnis pun sudah cukup banyak. Mulai dari sekedar ikutan di program MLM, hingga merintis bisnis pulsa online.

Memilih jenis usaha sebenarnya susah-susah gampang. Butuh banyak pertimbangan agar nantinya bisnis yang dibangun bisa bertahan lama. Berikut beberapa hal yang harus kalian pertimbangkan dalam hal memilih jenis usaha yang akan kalian jalankan :

1. Kenali minat anda
Sangat penting untuk mempertimbangkan minat anda sebelum memilih jenis usaha. Banyak orang yang berbisnis hanya sekedar ikut-ikutan tanpa memperhatikan kesinambungan bisnisnya. Pilihlah bisnis sesuai dengan minat dan kemampuan anda.

2. Manfaatkan Peluang Usaha
Selain menyesuaikan dengan minat anda, ada baiknya juga memperhatikan peluang bisnis di sekitar anda. Misalnya, anda memiliki rumah yang lokasinya berdekatan dengan kampus. Peluang bisnis yang paling cocok, antara lain : bisnis rumah kost, bisnis warung makan, ataupun bisnis fotocopy. Hal ini penting karena setiap orang memiliki peluang bisnis yang berbeda-beda. Jadi, jeli lah untuk melihat peluang bisnis di sekitar anda.

3. Pilihlah jenis usaha yang LongLife (jangka Panjang)
Menurut saya, ada beberapa jenis bisnis yang sangat subur di Indonesia, yakni bisnis di bidang kesehatan, pendidikan, dan bisnis makanan. Kenapa ketiga bisnis ini sangat laris di Indonesia ?

Bisnis Kesehatan
Bisnis di bidang kesehatan memang sangat laris di Indonesia. Mulai dari yang berbasis dari ilmu kedokteran maupun yang berbasis pengobatan alternatif. Kenapa mereka laris? Jawabannya sangat mudah, karena semua orang ingin hidup sehat. Prospeknya? Tentu saja semua orang. Tidak peduli tua, muda, pria, wanita, ataupun kriteria lain.

Bisnis Pendidikan
Bisnis ini juga sangat laris. Terbukti banyak orang yang menghabiskan uang hanya untuk bisa kursus bahasa Inggris, bisa jago matematika, ataupun jago main komputer. Banyak orang yang beranggapan bahwa ilmu itu memang mahal, sehingga kecenderungan penduduk di Indonesia rela membayar mahal untuk pendidikan.

Bisnis Makanan
Bisnis ini sebenarnya sangat resikan. Karena seperti yang kita ketahui "makanan memiliki batas expire". Tapi kenapa bisnis ini subur? Jawabannya juga mudah, arena setiap hari orang butuh makan. Jika anda memiliki lokasi yang berdekatan dengan titik keramaian seperti sekolah, kampus, kantor, atau mall, tidak ada salahnya untuk bergelut di bisnis ini.

Sebenarnya sih kembali lagi ke cara kita me-maintance bisnis yang kita geluti. Meskipun bisnis anda tidak bergerak di ketiga bidang di atas. Tidak berarti bisnis anda tidak bisa longlife atau bertahan lama. Jika di-maintance dengan baik, bisnis apapun sebenarnya bisa bertahan lama. [fz]

Related

Tips Gaul 8259563627293895207

Posting Komentar

  1. wah dapat kunjungan dari kameraman blogilicious. Video Mas Risman Kerenn

    BalasHapus
  2. Jaman sekarang harus pandai- pandai mencari peluang bisnis

    BalasHapus
  3. bener mas sakti. harus pandai-pandai melihat peluang.

    BalasHapus
  4. waaahhhh kereeenn,,,yng pling bagus menurutku bisnis pendidikan sama kesehatann..Long life banget sob

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item