Lima Resiko Kekurangan Asam Folat Bagi Ibu Hamil


Lima Resiko Kekurangan Asam Folat Bagi Ibu Hamil


Bagi Anda yang sedang merencanakan kehamilan, tentu akrab dengan yang namanya asam folat. Asam folat merupakan zat gizi penting yang harus Anda penuhi dalam masa perencanaan kehamilan. Berikut adalah pentingnya asam folat untuk ibuhamil dan mau hamil.

1. Asam folat mencegah cedera batang otak pada bayi
Seperti yang kita ketahui, organ pertama yang terbentuk pada janin di dalam kandungan adalah batang otak. Dari batang otak berkembang pada terbentuknya otak dan tulang belakang. Proses pembentukan ini terjadi dari usia kehamilan 0-6 minggu, sementara rata-rata kehamilan diketahui pada usia 6 minggu ke atas. Asam folat sangat penting dalam proses terbentuknya organ ini karena dapat mencegah cedera batang otak.

Otak bayi sangat penting dalam menunjang tumbuh kembang dan kecerdasannya. Cedera otak dan batang otak dapat mengakibatkan bayi lahir cacat. Karena itu, saat Anda merencanakan kehamilan, Anda sudah harus mengkonsumsi asam folat dalam jumlah yang cukup.

2. Asam folat membantu mencegah bayi lahir cacat dan keguguran
Berbagai blog kesehatan mengulas pentingnya asam folat bagi bayi. Di antaranya bibir sumbing, cacat tabung saraf, dan cacat jantung. Asam folat juga meningkatkan kesuburan dan pertumbuhan plasenta. Memperkuat janin di dalam kandungan dan membantu mencegah keguguran. Asam folat juga mencegah preeklamsia dan mengatasi anemia pada ibu hamil.

3. Ternyata, asam folat bukan hanya untuk wanita tapi juga pria.
Kita tahu bahwa asam folat membantu mempersiapkan rahim dan meningkatkan kesuburan wanita yang sedang merencanakan kehamilan. Ternyata, asam folat juga berpengaruh pada peningkatan kesuburan pria. Asam folat dan zinc ternyata dapat meningkatkan jumlah sperma pria. Jika jumlah sperma meningkat, maka kemungkinan terjadinya pembuahan juga akan meningkat.

Menilik dari pentingnya asam folat bagi ibu hamil dan janin yang dikandungnya, maka sebaiknya Anda mulai mengkonsumsi makanan yang mengandung zat gizi ini. Sumber makanan yang mengandung asam folat misalnya aneka sayuran hijau, kacang-kacangan, dan makanan laut seperti salmon dan ikan laut dalam lainnya. (.red)

Related

INFOR 1559304881994740335

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item