Cara Cari Judul Skripsi dan Thesis

Cara Cari Judul Skripsi dan Thesis

Cara Cari Judul Skripsi dan Thesis

Mungkin Sobat Daeng (sebutan untuk pengunjung blog ini), sedang bingung bagaimana memulai menulis skripsi atau thesis. Bagaimana cara mencari judul skripsi dan thesis yang menarik. Ini adalah kendala yang dialami setiap mahasiswa di masa akhir kuliah. Seringkali mahasiswa bingung untuk memulai menulis dari mana. Topik apa yang harus diangkat.

Sebelumnya, ada baiknya kalo Sobat Daeng pahami dulu perbedaan dari Skripsi, Tesis dan Disertasi:

Ini dia perbedaan antara skripsi, tesis, dan disertasi :

NoAspekSkripsiTesisDisertasi
1JenjangS1S2S3 (tertinggi)
2PermasalahanDapat diangkat dari pengalaman empirik, tidak mendalamDiangkat dari pengalaman empirik, dan teoritik, bersifat  mendalamDiangkat dari kajian teoritik yang didukung fakta empirik, bersifat sangat mendalam
3Kemandirian penulis60% peran penulis, 40% pembimbing80% peran penulis, 20% pembimbing90% peran penulis, 10% pembimbing
4Bobot IlmiahRendah – sedangSedang – tinggi.  Pendalaman / pengembangan terhadap teori dan penelitian yang adaTinggi, Tertinggi dibidang akademik.   Diwajibkan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
5PemaparanDominan deskriptifDeskriptif dan AnalitisDominan analitis
6Model AnalisisRendah – sedangSedang – tinggiTinggi
7Jumlah rumusan masalahSekitar 1-2Minimal 3Lebih dari 3





                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                               
8Metode / Uji statistikBiasanya  memakai uji Kualitatif / Uji deskriptif, Uji statistik parametrik (uji 1 pihak, 2 pihak), atau Statistik non parametrik (test binomial, Chi kuadrat, run test), uji hipotesis komparatif, uji hipotesis asosiatif, Korelasi, Regresi, Uji beda, Uji Chi Square, dllBiasanya memakai uji Kualitatif  lanjut  /  regresi ganda, atau korelasi ganda, mulitivariate, multivariate lanjutan (regresi dummy, data panel, persamaan simultan, regresi logistic, Log linier analisis,  ekonometrika static & dinamik, time series ekonometrik) Path analysis, SEMSama dengan tesis dengan metode lebih kompleks, berbobot yang bertujuan mencari terobosan dan teori baru dalam bidang ilmu pengetahuan
9Jenjang Pembimbing/ PengujiMinimal MagisterMinimal Doktor dan Magister yang berpengalamanMinimal Profesor dan Doktor  yang berpengalaman
10Orisinalitas penelitianBisa replika penelitian orang lain, tempat kasus berbedaMengutamakan orisinalitasHarus orisinil
11Penemuan hal-hal yang baruTidak harusDiutamakanDiharuskan
12Publikasi hasil penelitianKampus Internal dan disarankan nasionalMinimal NasionalNasional dan Internasional
13Jumlah rujukan / daftar pustakaMinimal 20Minimal 40Minimal 60
14Metode / Program statistik yang biasa digunakanKualitatif / Manual, Excel, SPSS dllKualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dllKualitatif lanjut / SPSS, Eview, Lisrel, Amos dll
Setelah mengenali perbedaannya Sobat Daeng pasti sudah punya bayangan seberapa mendalam Skripsi, Tesis, atau Disertasi yang akan kamu buat. Berikutnya ikuti langkah-langkah berikut untuk brainstorming judul Skripsi dan Tesis:

  1. Tentukan topik yang kamu senangi. Ingat yah, selama kamu bekerja dengan sesuatu yang kamu senangi, tentunya akan terasa lebih mudah. Karena sesungguhnya, tidak ada topik yang susah, melainkan topik yang kurang cocok sama minat kita. Sebelum ke step 2, pejamkan mata dan coba pikirkan topik yang kamu suka sekarang.
  2. Kalau masih bingung menentukan topiknya, Sobat Daeng bisa search di google, topik-topik atau isu-isu apa yang sedang berkembang tahun depan. Caranya, bisa saja melihat conference tahun depan, lihat isu-isu yang akan mereka bahas. Selain menantang, ini juga memberi kesempatan buat kamu, agar tahun depan skripsi, atau tesis kamu bisa diikutkan di konferensi (conference) baik nasional maupun international.
  3. Setelah menentukan topik utama, misalnya : Krisis Global, atau Pemanfaatan Teknologi 3G. Nah, langkah selanjutnya adalah literature review. Saatnya untuk ke perpustakaan atau browsing jurnal-jurnal atau previous skripsi atau tesis milik kakak kelas. Cari penelitian-penelitian terlebih dahulu terkait topik yang sudah kamu tentukan.
  4. Next, setelah melihat beberapa role model, saatnya untuk berpikir kreatif. Kira-kira apa yang bisa dikembangkan dari penelitian sebelumnya atau penelitian terlebih dahulu. Misalnya: menambahkan variable-nya, mengubah timing, menambah metode lain, atau mencoba teknologi lain yang memungkinkan.
  5. Jika kamu tidak menemukan penelitian sebelumnya yang menarik untuk dilanjutkan atau dimodifikasi, that means kamu harus skip step 3 dan 4. Saatnya untuk memulai Theoritical Review, yang berarti kamu akan menciptakan atau memperkenalkan teori baru yang belum ada atau belum terbukti oleh penelitian-penelitian sebelumnya. Untuk yang satu ini, kamu harus punya basic yang sangat kuat. Misalnya nih, kamu mau meneliti 'analisis pengaruh jumlah rambut terhadap gaya berpakaian' (ini contoh lucu-lucuan aja), kamu harus punya teori pendukung yang kuat kenapa kamu mengaitkan dua variable tersebut. Ini bisa kamu lakukan dengan survey ataupun merujuk pada fenomena-fenomena kontemporer (baru).
  6. Nah, setelah itu baru deh mulai merumuskan masalah apa yang akan diangkat dan hipotesis awal atas permasalahan tersebut. Istilahnya, kita sudah punya kerangka penelitian di kepala.
  7. Langkah berikutnya adalah 'Availibility of Data' and 'Possiblity of Research', saatnya mengecek ketersediaan data. Misalnya, penelitian kamu terkait Inflasi, kamu harus memastikan bahwa kamu bisa memperoleh data Inflasi dari sumber yang akurat. Hal penting lainnya adalah kesempatan atau peluang melakukan penelitian. Untuk bidang teknik, biasanya kalian harus memastikan apakah memungkinakan untuk melakukan penelitian tersebut. Temukan perusahaan, atau pusat riset yang memungkinkan kamu melakukan percobaan yang sudah kamu konsep.
  8. Jika langkah ke 7 gagal, ada baiknya mencari topik lain. Bisa memulai dari step 1 lagi atau langsung ke step 3 dengan mencari penelitian terdahulu.
  9. Banyak-banyak berdoa yah. Ingat, Skripsi dan Tesis itu cuma bagian kecil dari hidupmu. Dan, banyak sekali orang yang berhasil menyelesaikannya dengan baik. Jadi, selalu optimis, kalu kamu juga bisa menyelesaikannya.
  10. Minta doa dari orang tua. Ini tips penutup agar dimudahkan cari judul skripsi dan tesis.

Related

Edukasi 8025196905995666916

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item