Me-YouTube-kan Indonesia, Upaya Memperkenalkan Budaya Negeri Sendiri di Mata Dunia

Tahun 2012 telah tiba, saatnya menyusun langkah baru untuk mewujudkan berbagai asa yang tertunda. Satu tahun silam, saya pun melakukan hal yang sama, membuat berbagai resolusi yang ingin dicapai di tahun yang baru.


Tahun 2011 lalu, saya menuliskan resolusi ingin menjadi blogger yang populer di Indonesia. Meskipun belum tercapai, namun pencapaian saya di dunia blogging tahun ini cukup membanggakan buat saya pribadi. Berbagai prestasi di kompetisi menulis tingkat nasional membuat saya cukup puas dengan apa yang saya idam-idamkan tahun ini.

Tahun 2012 pun harus lebih baik. Saya punya resolusi ingin membuat video blog yang tujuannya adalah memperkenalkan budaya Indonesia di mata dunia. Saya pribadi merasa miris ketika menyaksikan budaya negeri sendiri diklaim oleh pihak lain. Mulai dari motif batik, tari pendet, tari reog, hingga lagu rasasayange yang merupakan lagu saya semasa kecil pun juga ikut diklaim.

Melalui sebuah situs berbagi video, Youtube, saya berharap upaya melestarikan budaya dengan memanfaatkan media Internet ini bisa maksimal. Dengan me-Youtube-kan Indonesia, saya ingin memperkenalkan kekayaan budaya, kekayaan alam, serta eksotisme lain yang dimiliki negeri ini di mata dunia.

Pelestarian budaya dengan memanfaatkan teknologi sebagai media tidak hanya bermanfaat untuk memperkenalkan budaya Indonesia ke luar negeri. Dengan pemanfaatan media Internet, kita juga dapat saling mengenali budaya daerah satu dengan daerah yang lain. Saya sendiri pernah merasakan manfaat “sebuah video tari saman” yang diunggah ke Youtube. Waktu itu, saya hendak mempelajari dan membawakan tarian saman di acara malam seni kampus. Saya tidak lagi perlu repot-repot mencari pelatih tari yang mengusai tarian saman, cukup dengan men-downloadnya di Youtube.

Belajar dari hal itu, saya pun memetik pelajaran akan pentingnya publikasi kebudayaan daerah Indonesia, mengingat negara kita merupakan negara kepulauan yang terpisah-pisah sehingga sulit untuk saling kenal-mengenal secara langsung. Dengan memasukan video tarian atau lagu daerah ke YouTube, seluruh pelosok tanah air bahkan seluruh dunia bisa dengan mudah mempelajarinya.

Akhir kata, Saya berharap upaya kecil ini bisa memberikan manfaat yang besar bagi Indonesia karena sesungguhnya saya dan lebih dari 200 juta penduduk di Indonesia adalah orang-orang yang bertanggung jawab atas pelestarian budaya negeri ini. Kalo bukan kita, siapa lagi?

Related

Resolusi Juara 1155357231037276651

Posting Komentar

  1. Pertamax om . Resolusinya mantap. hha

    BalasHapus
  2. Saya doakan resolusinya tercapai. Amin.. :)

    BalasHapus
  3. wah keren resolusinya. semangat! semoga berhasill :D

    BalasHapus
  4. Resolusi untuk negeri. thumbs up

    BalasHapus
  5. saya bersedia membantu loh.. Jadi modelnya pun saya siap, asal Indonesia di kenal dunia..
    Mantapp (Y)

    BalasHapus
  6. @Andi : Mantap kan? Mancing Mania. hehehe
    @FZABoyz : Lanjutkan ... !!!
    @daengmacora : iya. thanks a lot
    @tongkonanku : thanks mas fery
    @agnes: jadi GR. hehe
    @sepung : sip dah

    BalasHapus
  7. @aditya : kalo punya video tarian daerah, upload aja, nanti aku bantu broadcast

    BalasHapus
  8. bener mas,,, tapi optimasi "indonesia" di youtube caranya gmn ya... kalau seo ada ilmunya tapi youtube?

    BalasHapus
  9. @anas: kalo videonya bagus dan berkualitas, pasti banyak yang nonton.

    BalasHapus
  10. Terima kasih gan atas kunjungannya. 2012 telah tiba. Semoga Resolusinya tercapai.

    BalasHapus
  11. @Agus Slaim: thanks kunjungannya juga. Iyanih lagi sibuk ngumpulin video

    BalasHapus
  12. wah bener nih Me-YouTube-kan Indonesia :) setuju !

    BalasHapus
  13. @mas agam: bagus deh kalo setuju. Nanti aku kasih link chanelnya. di subscribe yah

    BalasHapus
  14. kerreenn... planing yang menarik...semoga terlaksana dengan baik.. Gud Job

    BalasHapus
  15. @amethyst : thanks. semoga bisa menginspirasi

    BalasHapus
  16. gud luck brooooooooooooo....
    slmt taun br ya...

    BalasHapus
  17. wuih resolusinya beda dr yg laen, unik

    BalasHapus
  18. @abby Zacky : happy new year yahh
    @bloqaditaaz : uniqly happy.

    BalasHapus
  19. @Indonesian odol: thanks a lot

    BalasHapus
  20. happy new year yehhhhhhhhhhhh

    BalasHapus
  21. from:
    blog sebelah

    sip gan,good luck deh…

    BalasHapus
  22. Thanks forr visit my blog..

    kunjungan pertemanan tiba..

    Resolusi yang inspiratif untuk kemajuan bersama di tahun yang baru ini..

    kunjungi juga => http://aditya-trihutama.blogspot.com/2011/12/resolusi-gerakan-one-man-one-blog-untuk.html

    terus berkarya..

    BalasHapus
  23. Keep blogging yah. Gak sabar liat video blognya

    BalasHapus
  24. @anonim : happy new year too. Sukses Slalu

    @Kera Putih : walaikum salam. thanks for visit

    BalasHapus
  25. @anonim : blog ane yang mana? tp gud luck juga deh

    @Aditya tri hutama : sukses yah

    @Indonesiaku :sabar yah. lagi bikin konsepnya

    BalasHapus
  26. Aku dukung resolusi kamu yah mas.

    Bikin Video Blog

    Untuk Memperkenalkan Budaya Indonesia

    GO Indoneesia

    BalasHapus
  27. mantep buat resolusinya, semangka :D

    BalasHapus
  28. wah kalau modem saya msh blm sanggup klo buka Youtube :(

    kpn ya Internetan murah tapi berkualitas

    BalasHapus
  29. @safir : terima kasih dukungannya bro
    @atdayyan : semangat kakaa
    @resolusi : makanya pake speedy. mantaaab bro

    BalasHapus
  30. Resolusi yang penuh inspiratif masbro! kunjungilah Resolusi Saya

    BalasHapus
  31. kunjungan balik sob. tetap semangat

    BalasHapus
  32. wa..sip ..internet emang media yang cocok..untuk mempopulerkan
    sukses bro

    BalasHapus
  33. cihuyy Mantap ya reolusinya.. selamat berjuang bro :D
    oya, kunjungi juga yaaa Resolusi saya

    BalasHapus
  34. ini blog juga udah populer menurut saya :D

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item