500 Kata Berikutnya . . .

Siapa yang tidak kenal dengan Negara Belanda? Prestasinya di berbagai bidang seringkali menjadikan dunia tercengang. Negeri kelahiran para peraih Nobel dalam bidang Fisika, Kimia, Ekonomi, dan Kedokteran. Sebut saja Marie Curie dan Andre Geim, 2 peraih Nobel terkenal yang datang ke Belanda untuk melakukan penelitian. Belanda memang sangat concern dan terbuka terhadap penelitian dan ide-ide yang  inovatif sejak dulu. On the record, Beberapa proyek Belanda yang berhasil membuat dunia berdecak kagum diantaranya :


Di akhir abad sembilan belas, Belanda menggarap mega proyek Delta untuk mengeringkan Laut Selatan. Hasilnya, lautan seluas 6000 kilometer persegi di Belanda utara, ditutup dengan tanggul di tahun 1932, hingga terciptalah propinsi Flevoland tahun 1986.



Awalnya banyak yang meremehkan proyek Delta karena dianggap mustahil. Proyek itu dibuat untuk mencegah terulangnya bencana banjir di tahun 1953 yang menelan korban 1835 orang. Bendungan sepanjang pantai Belanda dikerjakan dalam kurun waktu puluhan tahun dan kini Proyek Delta berdiri megah.
Perjuangan belanda melawan air, tidak berhenti sampai di situ. Memiliki lahan 1-7 meter di bawah permukaan laut, menjadikan Belanda harus berjuang agar tidak tenggelam. 



Belanda membangun bendungan besar yang masuk dalam The Seven Wonders of Modern World. Dan belakangan ini Belanda tengah mempersiapkan membangun pulau tulip mini di kota kecil Zeewolde yang rencananya direalisasikan tahun ini (2013). Selain itu ilmuwan Belanda juga tengah memikirkan untuk membangun pulau daur ulang dengan memanfaatkan limbah plastik yang mengapung di lautan.

Di bidang sosial, Belanda menjadi negara pertama di dunia yang melegalkan perkawinan sesama jenis sebagai bentuk kebebasan pada tahun 2001. Banyak yang memandang negatif terhadap keputusan ini. Namun, akhirnya 11 negara juga mengikuti jejak Belanda untuk melegalkan perkawinan sesama jenis.

Di bidang teknologi, tahun 2002, Belanda merintis teknologi torrefaction untuk mengkonversi bio-mass menjadi bio-coal untuk mengsubtitusi penggunaan bata bara secara berkelanjutan. Teknologi torrefaction pun mulai banyak diterapkan di berbagai negara seperti USA, Belgia, dan Germany. Di Belanda sendiri, tepatnya di Steenwijk, telah berdiri Torrefaction Plant pertama di dunia yang menghasilkan 90.000 tons bio-coal.

video

Tahun 2006, Belanda kembali menggebrak dunia dengan mengubah air seni (urine) menjadi Bahan Bakar. Menurut Thiss Westerbeek, jurnalis Radio Nederland di Belanda, bahan bakar urin ini telah memasok energi setara 110 ribu Megawatt di 30 ribu rumah atau seluas satu kota kecil. Jika produksi urin ditingkatkan, para periset memprediksi daya yang dipasok bisa digenjot hingga lima kali lipat untuk jumlah rumah yang sama. Langkah ilmuwan Belanda meneliti air seni pun diikuti oleh ilmuwan berbagai negara, seperti Amerika, Inggris, Meksiko, dan Skotlandia.



Tahun 2012, Belanda merancang desain Smart Highway yakni konsep jalan tol dengan garis jalan glow in the dark, dynamic paint, fungsi charge for electric car dan interactive light. Semuanya menggabungkan teknologi ramah lingkungan, hemat energi, dan peduli terhadap faktor keamanan pengguna jalan. Rencananya proyek ini direalisasikan pada pertengahan 2013

Begitu banyak inovasi yang dilakukan Belanda. 500 kata rasanya tidak cukup untuk menuliskan semuanya. Namun,  saya mengakhiri tulisan ini untuk memberikan kesempatan negeri ini  melukiskan prestasi di 500 kata berikutnya.
Are You Ready?

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item