MASEMPO, Laris Tanpa Papan Nama Toko

Salah satu toko kain di Makassar yang sangat terkenal adalah Masempo. Toko Kain ini terletak di pusat perbelanjaan kota Makassar, Makassar Mall (lebih dikenal dengan sebutan "pasar sentral").

MASEMPO diambil dari bahasa bugis yang berarti "Murah". Filosofinya mungkin toko ini berharap bisa menjadi toko kain yang menyediakan berbagai jenis kebutuhan kain dengan harga yang murah.
Toko yang lokasinya tidak terlalu luas ini, memang sangat laris. Dan yang patut diacungi jempol, karena toko ini tetap laris meski hanya mengandalkan pemasaran Mouth to Mouth (dari mulut ke mulut). Teknik pemasaran yang biayanya nol, tapi terbukti sangat efektif.

Anehnya lagi, toko ini tidak memiliki papan nama sama sekali. Sehingga, jika dilihat dari luar tidak tampak bahwa toko tersebut bernama "MASEMPO". Ini mungkin menyulitkan bagi pelanggan baru, tapi nyatanya toko kain yang terletak di kios nomor 31-32 ini tetap ramai dikunjungi para pembeli meskipun disekitarnya terdapat banyak toko kain serupa.

Personal Branding
Sedikit mengaitkan dengan Personal Branding, mungkin Toko Kain Masempo bisa menjadi panutan buat para pelaku bisnis di Indonesia. Toko Kain Masempo mengajarkan kita bahwa untuk mengembangkan suatu bisnis di butuhkan personal branding yang kuat. Sama halnya dengan blogger, sangat penting untuk membangun personal branding agar blog kita mudah dikenal.
Membangun personal branding bisa dilakukan dengan cara me-maintance costumer dengan baik. Dosen saya pernah bilang "satu costumer lebih berharga daripada 1000 calon costumer". Jadi, kalo sudah punya pelanggan, berikan pelayanan yang memuaskan, jangan terlalu fokus mencari pelanggan baru sementara pelanggan lama tidak mendapat perhatian. [fz]

Related

Makassar 6805339786191044895

Posting Komentar

  1. dkt mana ini? bagian mananya toko harapan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. agak jauh ki dari toko harapan, kalau mau ki dekat. jalan ki dari Jl. Lembe ada pasar sentral ki tanya mi disana. kerna satu arah ki. klo dari toko harapan ki jalan jauh ki.

      Hapus
  2. Ada nomor hpta? Sy dri bone.. saya cari kain. Tolong dibls

    BalasHapus
  3. jual kain kiloan nda?

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item