Pelabuhan Paoterre, Surganya Pecinta Seafood

Nah, setelah sebelumnya saya memposting tentang Pasar Butung dan Pasar Segar yang ada di Makassar, kali ini saya akan membagi sedikit cerita tentang kunjungan saya ke Pelabuhan Paotere di Makassar.

Untuk yang tinggal di Makassar pasti sudah pada tau kan? Tapi, buat yang tinggal di luar Makassar dan tertarik berkunjung ke Makassar. Pelabuhan Paoterre ini bisa menjadi tujuan kunjungan anda loh.

Pelabuhan Paoterre Makassar adalah sebuah pelabuhan tempat berjualan berbagai jenis hasil laut, muali dari ikan, udang, cumi-cumi, dan kepiting. Bedanya dengan pasar adalah ikan-ikan di Pelabuhan Paoterre ini segar-segar, soalnya baru naik dari kapal-kapal nelayan. Selain itu, hasil laut di Pelabuhan Paoterre yang di dominasi ikan ini harganya juga lebih murah.

Pelabuhan Paoterre tiap paginya dipadati oleh banyak pengunjung dari berbagi penjuru kota Makassar, ataupun warga pendatang yang ingin melihat hasil laut kota Makassar yang terkenal sangat melimpah ruah. Mmm... Bagi para pecinta sea food, mungkin tempat ini sangat cocok buat dikunjungi, karena selain dapat membeli hasil laut, juga terdapat banyak rumah makan sepanjang jalan yang menyajikan berbagai hidangan seafood segar yang rasanya di jamin maknyus.

Nah, seperti biasanya, saya akan berbagi tips buat para pembaca yang ingin berkunjung ke Pelabuhan Paoterre ini. Karena ada berbagai persiapan yang harus kamu persiapkan sebelum menginjakkan kaki ke Pelabuhan Paoterre ini (bukan ritual aneh-aneh yah).

Pertama, Anda sebaiknya menggunakan baju kaos/ shirt berbahan cotton yang menyerap keringat. Pelabuhan Paoterre ini sangat ramai dikunjungi, sehingga mesti sia berdesak-desakan.

Kedua, Sebelum memasuki lokasi, ada baiknya untuk menggulung celana anda sampai lutut. Gunanya untuk menghindari becek di lokasi. Pelabuhan Paoterre ini konsepnya seperti pasar tradisional, jadi dunia perbecekan adalah hal biasa. Ada baiknya pakai sendal jepit, jangan pakai sepatu mahal, bisa-bisa sepatu mahal anda akan turun harga pas pulang dari sana.

Ketiga, rajinlah menawar harga sebelum memutuskan untuk membeli. Jangan malu, di Pelabuhan Paoterre ini tidak ada harga standar yang ditetapkan. Prinsipnya, jago gombal penjual, hargapun makin murah ciin. Tapi ingat, di Pelabuhan Paoterre ini menjual ikan dalam jumlah banyak, kalo mau beli satuan, memang jarang di layani. Biasanya ikan di kelompokkan mulai dari harga 30 ribu - 150 ribu.

Keempat, Jangan bawa barang berharga berlebihan. Soalnya kan lokasinya ramai, jadi kemungkinan dicopet juga semakin besar. Jadi kudu' waspada sama yang namanya pencopet. Ingat, kejahatan bukan hanya terjadi karena ada niat pelakunya tapi juga karena ada kesempatan, waspadalah. hehehe


Kelima, Naik kendaraan roda dua lebih disarankan. Karena jalan masuk menuju ke lokasi itu sempit, jadi akan lebih luwes menggunakan motor. Kalo naik mobil, maka bersiaplah untuk jalan kaki sekitar 100 meter. Parkiran buat mobil tersedia kok, cuman lokasinya terbatas. Kalo Gak dapat parkiran, yah kudu markir di luar dan artinya mesti siap jalan kaki. Kalo naik motor, parkirannya luas sampe Taj Mahal. hehehe

Terakhir, datanglah di pagi hari. Soalnya ikan yang segar-segar adanya di pagi hari. Jadi, jangan kecewa jika anda datang siang, dan anda pun menemukan sisa-sisa ikan segar saja.

Sekian dulu yah ceritanya. Semoga bermanfaat buat para pembaca yang ingin berkunjung ke Makassar, khususnya buat yang mau berkunjung ke Pelabuhan Paoterre ini.

Related

PRODUK 7907625589178281489

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item