Wajah Baru Pasar Butung Makassar Pasca Kebakaran

Wajah Baru Pasar Butung Makasssar Pasca Kebakaran Desember 2010 silam

Seminggu yang lalu saya sempat bertandang ke Pasar Butung Makassar. Mungkin buat para pembaca yang berdomisili di luar Makssar belum tahu kenal dengan Pasar Butung ini. Sedikit cerita, Pasar Butung yang ada di Makassar ini merupakan pusat belanja grosir layaknya Tanah Abang di Jakarta.

Nah, tahun lalu, tepatnya bulan Desember 2010 silam, Pasar Butung ini sempat terbakar. Sekitar 300 kios yang didominasi oleh pedagang pakaian ini ludes dilalap si jago merah. Menurut salah seorang saksi yang berada di lokasi kejadian, kebakaran dipicu oleh pemasangan kabel oleh salah satu operator seluler di Indonesia. Gak tau juga, benar atau tidak?

Yang pastinya kebakaran dahsyat ini menyebabkan kerugian hingga ratusan Milyar rupiah. Bahkan Tanah Abang pun mengklaim mengalami kerugian yang besar, akibat hilangnya jalur distribusi ke Makassar. Kabarnya, Tanah Abang bisa mencetak omzet hingga 2 Milyar Rupiah per hari dari distribusi ke Pasar Butung ini.


Sudah cukup ceritanya, nih wajah Pasar Butung Pasca Kebakaran 5 bulan silam (lihat gambar). Masih banyak kios yang dalam tahap perbaikan, khususnya kios yang berada di lantai dua. Ada juga kios yang buka dengan papan tripleks seadanya.

Tampak pula bagian depan pasar butung yang masih dalam tahap renovasi ini, terdapat banyak bahan material bangunan seperti pipa, kabel, bambu, dan tumpukan material lainnya. Tampak jelas pada gambar di bawah, ada seorang buruh bangunan yang sementara bekerja.


Lihat tuh, banyak banget sampah sisa-sisa renovasi yang belum diangkut. Bahkan beberapa rangka besi yang biasanya dipakai ketika membangun rumah, masih tampak jelas di gambar. Tetapi nyatanya, meskipun belum seratus persen selesai, Pasar Butung tetap ramai dikunjungi warga kota Makassar.

Oh iya, saya mau kasih sedikit tips nih, kalo kamu mau berbelanja di Pasar Butung ada baiknya memakai baju kaos yang menyerap keringat, soalnya tempatnya sangat sesak. Terus, jika ingin membeli barang, lakukanlah tawar-menawar sebelum memutuskan untuk membeli. Harga di sana sebenarnya murah, tapi kalo jago nawarnya. Dan satu lagi, kalo mau beli barang, usahakan beli 3 pcs. Agar harganya tidak dikenakan harga eceran. Karena kalo beli 3pcs, akan dikenakan harga lusinan, meskipun sebenarnya cuman beli 1/4 lusin. [fz]

Related

Makassar 6984474689912574565

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item