Apa yang saya peroleh dari Blog?

Sebagian orang bangga menjadi Dokter, ada juga yang bangga jadi Psikiater, tetapi berbeda dengan saya yang bangga jadi seorang Blogger (sebutan untuk penulis blog). Meskipun profesi blogger memang masih tabu di Indonesia.

Banyak pertanyaan dari teman-teman saya seputar dunia blog, dari yang masih awam soal blog, sampai yang sudah putus asa dan memutuskan untuk berhenti menulis blog. Dan dari semua pertanyaan yang bermunculan, semuanya akan berakhir pada sebuah pertanyaan pamungkas, "Apa yang saya peroleh dari Blog?". Karena sering mendengarkan pertanyaan itu, saya pun menyiapkan jawaban pamungkas untuk menjawabnya.

Keuntungan Menulis Blog (blogging) :

1. Media berbagi Ide dan Informasi
Sudah menjadi rahasia umum bahwa blog adalah media untuk berbagi Ide dan Informasi. Namun, belakangan fungsi blog sebagai media untuk berbagi ide dan informasi ini mulai tergeser dengan kehadiran berbagai macam situs jejaring sosial.

Perbedaannya, Ide dan Informasi yang kita share di jejaring sosial bersifat pendek karena dibatasi jumlah karakternya, berbeda dengan Blog, dimana kita bisa menulis Ide dan Informasi dengan jumlah karakter yang tidak berbatas. Selain itu, tulisan di blog memiliki pembaca yang lebih banyak, karena semua ide dan informasi yang kita tulis akan terpublikasi ke seluruh penjuru dunia, tidak terbatas pada komunitas jejaring sosial tertentu. Sehingga apa yang kita sampaikan, bisa di baca banyak orang.

2. Berteman sesama Blogger
Fungsi yang kedua mungkin juga ada mirip-miripnya dengan situs jejaring sosial. Tetapi jelas saja memiliki perbedaan yang spesifik, antara pertemanan yang terjalin di Jejaring sosial dengan pertemanan yang terjalin di kalangan blogger. Pertemanan di kalangan blogger sifatnya lebih privat. Berbeda dengan Facebook dan Twitter, banyak orang yang saling terhubung dalam pertemanan di facebook dan twitter tetapi tidak saling mengenal.

Pertemanan melalui blog berbeda, karena setiap blogger bisa berteman dengan blogger lain dengan cara saling berkunjung blog, saling membaca tulisan antara satu dengan yang lain ataupun dengan cara bertukar link. Meskipun tidak pernah saling bertatap muka, kita sering kali merasa seolah-oleh sudah kenal betul dengan teman blogger kita karena sering membaca isi blognya.

3. Berkomunitas
Selain bisa saling berteman, melalui blog kita juga bisa membentuk komunitas. Di Indonesia sangat banyak komunitas blogger di mana-mana, nyaris ada di setiap kota. Komunitas blog ini sering melakukan kegiatan-kegiatan real (bukan di dunia maya), seperti bakti sosial, diskusi, seminar dan sebagainya. Keuntungannya, dengan berkomunitas tentunya akan menambah pergaulan kita ke siapa saja.

Sekedar informasi, para penulis blog (blogger) itu datang dari berbagai profesi, ada blogger yang dari kalangan dokter, polisi, mahasiswa, bahkan selebritis juga ada yang menulis blog. Jadi, tidak menutup kemungkinan kita bisa berbagi pengalaman, cerita, dan lain-lain dengan berbagai kalangan.

4. Mendapat Penghasilan / Uang
Nah, ini mungkin salah satu yang paling menarik dari menulis blog. Banyak orang berhenti menulis blog, karena bosan dan merasa tidak mendapat apa-apa dari blog. Padahal, selain ketiga manfaat menulis blog di atas, dengan menulis blog kita juga bisa memperoleh penghasilan.

Banyak yang tidak percaya bahwa blog bisa menghasilkan uang. Padahal, cara mendapatkan uang dari menulis blog sangat banyak. Bisa melalui iklan PPC, Iklan review, atau ikut kompetisi menulis blog.

Iklan PPC : Kita disuruh pasang iklan di blog kita, dan setiap pengunjung yang mengunjungi blog kita dan mengklik iklan tersebut, kita akan mendapat bayaran. Bayarannya mulai dari Rp. 100 - Rp. 2000 per klik.

Iklan review : Kita disuruh menulis review tentang sebuah produk iklan. Dan tulisan tersebut akan dinilai dengan bayaran yang tinggi dari para pengiklan. Biasanya Rp. 800.000 - Rp. 1.500.000 per review

Kompetisi blog : Kalo cara ini, cukup rajin-rajin browsing tentang kompetisi blog yang di gelar di Indonesia. Sekedar informasi, saat ini sedang diadakan Kompetisi menulis blog yang diadakan oleh anazkia dan di sponsori oleh Denah Hati.

Masih belum percaya, Blog bisa menghasilkan uang?
Lihat screenshoot email pembayaran dari idblognetwork yang saya dapat dibawah ini:


Semoga tulisan ini bisa menjawab pertanyaan Kenapa anda harus menulis blog? dan Kenapa Blog tidak bisa tergantikan oleh Jejaring Sosial?

Nah, terakhir untuk yang masih bingung memulai menulis blog bagaimana. Kalian bisa baca Cara membuat blog disini. [fz]

Related

INFOR 8251772268647121227

Posting Komentar

  1. selamat yach gan .. atas Po-nya dari IBN

    BalasHapus
  2. Terimakasih partisipasinya :)

    BalasHapus
  3. Pustakasekolah : Ingin ikuti jejak kesuksesan Om Amir . . . hehe

    Anazkia : you're welcome, semoga bisa menginspirasi banyak orang

    BalasHapus
  4. selamat om udah ngeblog plus dapat bnyk manfaat.

    Salam blogger

    BalasHapus
  5. Mantap! Keep blogging and sharing. :)

    BalasHapus
  6. wah dapat kunjungan dari blogger selebriti nih. Thanks @mas fery dan @ mas miftah farid. Salam Blogger Indonesia.

    BalasHapus
  7. postingan yg menggugah..smg dpt menyemangati byk pihak,..
    blogger jg profesi koq,..mari kita mulai mensosialisasikannya..tmsk di KTP kita..:)
    slm kenal..'n thnks dah berkunjung ke rumahku!!

    BalasHapus
  8. Semoga bisa menginspirasi banyak orang yah. AMin

    BalasHapus
  9. Yup, dgn ngeblog bisa mencari uang tapi mesti tekun dan sabar.

    BalasHapus
  10. Salam blogger !
    Semangat berbagi, semangat menginspirasi :)

    BalasHapus
  11. @sang cerpenis : iya. segala sesuatu kalo dijalani dengan tekun pasti akan membuahkan hasil...

    @izzah annisa: Yah, WRITE-SHARE-INSPIRE

    @I-one : Yah, ini salah satu cara bisa menghasilkan duit pake blog. Ayo ikutan juga yahhhh

    BalasHapus
  12. hlo gan mantap nih blognya.... ikutan nimbrung ah... sekalian mau bagi2 sofware antinyamuk nih... buat yng bergadang http://copas21.blogspot.com/2011/06/software-anti-nyamuk.html

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item