Sukses Mendirikan Toko Online

Kemajuan teknologi tak ubahnya membuat peluang berbisnis terbuka lebar. Usaha rumahan yang tadinya hanya dipasarkan dari mulut ke mulut, kini dapat dipasarkan secara online dengan konsumen skala nasional bahkan internasional.


Mendirikan toko online, menjadi salah satu pilihan untuk mengambil kesempatan emas ini. Selain karena semakin bertambahnya jumlah netters (pengguna internet), banyaknya pesaing yang memanfaatkan teknologi dalam pendistribusian produk, menjadikan anda para pelaku bisnis dituntut untuk tidak gaptek.

Sebenarnya, mendirikan toko online gampang-gampang susah. Bisa memanfaatkan sosial media seperti facebook, twitter atau memanfaatkan blog gratisan sebagai toko online.

Nah, berikut beberapa tips dalam membangun toko online dari blog gratisan:
1. Siap kan keyword
Keyword adalah kata kunci yang ingin di populerkan. Seperti sebuah brand atau barang jualan anda, misalnya jual lingerie atau jual jilbab. Namun untuk menembak keyword yang lebih spesifik bisa menggunakan keyword lebih spesifik misalnya jual jilbab paris atau jual lingerie sexy .
Keyword ini bermanfaat untuk memudahkan calon pembeli anda menemukan toko online anda di mesin pencari seperti google, yahoo, dll.

2. Spesifikasi Barang
Spesifikasi mengenai produk merupakan bagian terpenting dari toko online. Di sinilah kesempatan penjual dalam mengutarakan segala jenis keunggulan barang. Jangan pernah membohongi calon pembeli dengan mengiming-imingi kualitas barang yang tidak sesuai dengan sebenarnya. Ingat, pesaing anda dalam bisnis online sangat banyak, dan sekali saja pelanggan kecewa dengan kualitas barang anda yang tidak sesuai dengan deskripsi, sangat mempengaruhi kelangsungan bisnis anda jangka panjang.

3. Foto barang
Selain spesifikasi barang, ada baiknya menampilkan foto barang. Ini memberi pengaruh psikologis bagi para calon pembeli. Tak jarang bahkan penjual menyediakan foto tidak hanya satu, melainkan beberapa foto barang dari berbagai sisi sehingga pelanggan tidak merasa tertipu dengan teknik kamera.

4. Pasang Alamat Lengkap dan Jelas
Seperti halnya membuka toko offline, toko online juga haruslah memiliki alamat yang jelas. Kenapa? karena bisnis online adalah bisnis yang benar-benar mengandalkan kepercayaan. Sehingga untuk membangun kepercayaan yang baik, maka memberi informasi alamat yang lengkap dan jelas menjadi pertimbangan tersendiri bagi calon pembeli anda.

5. Komunikasi
Tips terakhir, jalin komunikasi yang baik dengan pembeli. Sediakan kontak dengan berbagai layanan, baik telepon, sms, WeChat, Line, Blackberry Messanger, Twitter, Facebook, Kakao Talk, Instagram, Path, atau berbagai sosial media lain sehingga pembeli lebih mudah berkomunikasi dengan anda.

Posting Komentar

  1. Wah bagus nih informasinya, thanks ya mas

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.

    BalasHapus
  3. semoga saya juga bisa sukses dalam mendirikan toko online, thanks artikelnya mas

    BalasHapus
  4. article very helpful. Thanks for sharing the enlightenment to us

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item