Tips Membereskan Rumah Pasca Banjir

Beberapa hari silam, tempat tinggal saya di Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan kebanjiran. Peristiwa banjir terjadi sekitar pukul 16.00 waktu setempat dan saat kejadian tempat tinggal saya kosong. Walhasil seluruh perabotan rumah terendam banjir, termasuk alat-alat elektronik yang masih terhubung dengan listrik.



Dari pengalaman tersebut, saya ingin menuliskan beberapa tips mengatasi tempat tinggal pasca banjir:

1. Matikan Eletronik
Cabut semua eletronik yang terhubung dengan listrik. Hal ini untuk menghindari koslet, ataupun kerusakan pada perabot listrik anda. Pada umumnya, perabotan eletronik bisa berfungsi normal meskipun terendam banjir jika dikeringkan terlebih dahulu. Seperti pengalaman saya, setrika, kulkas, rice cooker, dan kompor gas terendam banjir, namun tetap berfungsi setelah saya keringkan 2 hari.

2. Identifikasi barang
Biasanya ketika rumah terendam banjir, semua barang-barang terbawa arus air sehingga benda-benda yang bisa mengapung di atas air, biasanya tertumpuk di kamar mandi. Mulai dari gelas plastik, helm, sepatu, dan lain-lain. Untuk itu diperlukan identifikasi barang terlebih dahulu. Kelompokkan berdasarkan jenisnya, letaknya, atau pun kondisinya.

3. Bersihkan lantai
Lantai rumah ketika selesai banjir tentunya dipenuhi lumpur sehingga mau tidak mau harus di-pel. Sebaiknya menggunakan pel tangan (kain lap dan ember), karena lebih bersih dibandingkan pel kaki atau menggunakan slaber. Jangkau semua sudut ruangan, karena biasanya banyak katak kecil, ikan, atau binatang air lainnya yang tersembunyi di sudut ruangan, tentunya akan membawa penyakit.

4. Bersihkan barang-barang dari kain
Rendam semua pakaian, gorden, taplak meja, dan semua yang terbuat dari kain dengan ditergen yang mengandung anti bakteri. Ini untuk menghindari penyakit yang bisa terbawa oleh air dan mengendap di pakaian. Sedikit tambahan, jangan lupa pakai pewangi pakaian.

5. Bersihkan Piring dan Perabot lain
Perabot yang bisa di bersihkan seperti piring, alat-alat dapur, dan sebagainya sebaiknya di cuci bersih. Bila perlu di rendam menggunakan air hangat untuk membunuh bakteri penyakit.

6. Keringkan/Jemur
Keringkan furniture yang terendam seperti kursi dan meja. Begitu pula dengan kasur, bantal dan guling. Dan seperti pada tips nomor 1, keringkan/jemur perabot eletronik yang terendam banjir, termasuk alat-alat listrik (kabel colokan, stopkontak, charger) yang terendam banjir.

7. Isolasi
Pastikan tidak ada kabel telanjang yang terpasang ketika banjir. Ini bisa sangat membahayakan keselamatan anda dan keluarga. Sebaiknya, pasca banjir, saatnya isolasi semua kabel yang telanjang menggunakan shrink khusus yang tersedia di toko yang bergerak di bisnis alat listrik.

Related

Tips Gaul 2341086520582970324

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item