Konsul Dokter Gigi via SehatQ.com

 Pilih Dokter Gigi Umum atau Dokter Gigi Spesialis?

Kamu pernah sakit gigi? Jika iya, berarti kamu sudah pernah cari info tentang dokter gigi. Dokter gigi sendiri ada berbagai mavam loh, sesuai dengan kaluhan kamu. Mulai dari dokter gigi di Puskesmas, Klinik, sampai Dokter Spesialis tertentu seperti Bedah Mulut atau Spesialis Konservasi Gigi.

Kali ini saya akan membahas tentang dokter gigi spesialis konservasi gigi. Dokter konservasi gigi adalah dokter spesialis yang sudah menjalani 2-3 tahun pendidikan tambahan dalam endodonti (konservasi gigi) dimana focus utamanya adalah melakukan perawatan gigi serta mempertahankan gigi selama mungkin di dalam rongga mulut, sehingga estetika dan fungsi gigi dapat berjalan dengan normal.

Konservasi gigi juga berperan dalam melakukan perawatan saluran akar dan prosedur bedah terkait penyakit yang barangkali dapat memberikan dampak pada kesehatan dan penampilan gigi. Perawatan yang diberikan bisa meliputi berbagai penambalan, perawatan saluran akar endodontik bedah, implan endodontik, pemutihan, serta pengelolaan gigi yang mengalami trauma.

Pengalaman saya ke Dokter Gigi Spesialis Konservasi, Pelayanan yang diberikan pastinya sangat berbeda dengan Dokter Gigi Umum. Dokter Spesialis biasanya melakukan prosedur penyelamatan gigi berlubang dengan perawatan akar. Perawatan akar pun bisa berbagai macam, ada yang multi visit atau beberapa kali kunjungan. Ada pula yang one visit, atau bisa selesai dalam satu kali kunjungan.

Oh iya, Sangat disarankan untuk melakukan pemeriksaan Gigi setiap 6 bulan sekali. Ingat yah, jangan tunggu sampai sakit dulu, soalnya sering kali ada lubang kecil yang kita abaikan karena belum terasa sakit. Padahal, jika dibiarkan berbulan-bulan bisa jadi sarang kuman dan bakteri. Dan dalam selang waktu beberapa lama, pasti akan menimbulkan rasa nyeri dan ngilu, jika lubangnya terbuka dan menembus syaraf di gusi.

Trus, berapa sih, tarif ke dokter gigi spesialis? Tarif untuk perawatan gigi tentunya beda beda sesuai dengan jenis tindakan yang dilakukan. Merujuk ke salah satu klinik di Bogor,

Dressing + TS cavit 100.000

Pulp capping + Lining GIC 100.000

Devitalisasi pulpa + TS cavit 100.000

Tumpatan GIC kecil 100.000

Tumpatan GIC sedang 125.000

Tumpatan GIC besar 150.000

Tumpatan LC/komposit kecil 200.000

Tumpatan LC/komposit sedang 225.000

Tumpatan LC/komposit besar 250.000

Bongkar tumpatan/buka kamar pulpa/trepanasi 75.000

Preparasi saluran akar tunggal 100.000

Preparasi saluran akar ganda (2) 120.000

Preparasi saluran akar ganda (3) 150.000

Obturasi saluran akar tunggal 100.000

Obturasi saluran akar ganda (2) 120.000

Obturasi saluran akar ganda (3) 150.000

Veneer komposit (gigi) 500.000

Crown akrilik300.000Crown/veneer/bridge PFM 1.100.000

Crown/veneer/bridge Emax 1.600.000

Crown/veneer/bridge Zirconia2.100.000

In office bleaching 2.000.000

Pasak/PIN fiber 500.000

Oh iya, bagi kamu pasien BPJS, kamu juga bisa memanfaatkan fasilitas perawatan gigi yang ditanggung BPJS untuk tanya dokter gigi atau perawatan. Sebelum menggunakan fasilitas BPJS Kesehatan untuk perawatan gigi, pastikan Anda mengetahui dengan jelas semua cakupan pelayanan yang akan ditanggung oleh BPJS Kesehatan ini. Berdasarkan Peraturan BPJS Kesehatan Nomor 1 Tahun 2014 Pasal 52 ayat 1, pelayanan kesehatan gigi yang akan dijamin oleh BPJS Kesehatan, antara lain:

Administrasi pelayanan, terdiri atas biaya ppendaftaran pasien serta berbagai biaya administrasi lainnya yang bisa saja timbul selama proses perawatan atau pelayanan kesehatan gigi peserta BPJS

Pemeriksaan, pengobatan, dan konsultasi medis yang dilakukan oleh peserta BPJS Kesehatan terkait dengan kesehatan gigi

Premedika

Kegawatdaruratan oro-dental

Pencabutan gigi sulung (topikal, infiltrasi)

Pencabutan gigi permanen tanpa penyulit

Obat pasca ekstraksi

Tumpatan gigi komposit atau GIC (Glass Ionomer Cement)

Pembersihan karang gigi pada gingivitis akut (Scaling gigi)

 

Namun, kalau kamu mau coba cara terbaru, bisa buka SehatQ.com untuk konsultasi langsung dengan dokter gigi. Di website ini kamu bisa langsung chat doktergigi.

 



Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item