Kiat Agar Sumber Tenaga Listrik Industri Anda Lebih Efektif


Kiat Agar Sumber Tenaga Listrik Industri Anda Lebih Efektif

Kebutuhan listrik pada beberapa industri di Indonesia adalah satu hal yang sangat penting dan mutlak. Tujuannya jelas agar mesin operasional bisa berjalan dengan baik dan menghasilkan produk sesuai dengan kapasitasnya. Perkembangan teknologi dan disertai dengan kebutuhan yang semakin meningkat, perlahan cukup banyak industri yang mulai mengalihkan sumber listrik konvensional ke sumber listrik alternatif. Alasannya, agar sumber daya yang satu ini mudah dikontrol dan tentu saja, lebih hemat.



Alhasil, sistem generator kelistrikan pun digunakan seperti genset, ups, batter dan transformer yang menjadi item wajib yang harus dimiliki agar produksi tidak mengalami kendala akibat gangguan listrik yang bisa saja terjadi dengan menggunakan listrik utama. Hanya saja, meski terlihat aman namun bukan berarti alat ini tidak memiliki kendala. Untuk itu, diperlukan satu alat lainnya atau biasa disebut dengan load bank.

Ya, alat ini memiliki fungsi dalam mengetahui kapasitas kerja dari beberapa generator listrik yang rencananya akan digunakan. Hal ini sangatlah penting dilakukan agar alat tersebut tidak akan mengalami kerusakan sebelum dioperasikan.

Tak hanya itu, load bank juga menawarkan fungsi yang tak kalah pentingnya yaitu memindahkan beban saat terjadi overspeed. Situasi ini bisa terjadi saat alat atau sebut saja genset sedang melakukan kerja sangat maksimal namun secara tiba-tiba beban yang ada hilang dalam jumlah yang cukup signifikan.
Nah, untuk menghindari terjadinya overspeed yang tentu saja menimbulkan kerusakan maka load bank akan memindahkan beban yang hilang sampai alat tersebut bisa melakukan prosedur normalnya kembali baik secara sistem maupun manual.

Pertanyaannya adalah bagaimana mengetahui kapasitas listrik yang dipakai nantinya bisa bekerja dengan maksimal jika tidak memiliki load bank? Jangan takut, saat ini cukup banyak perusahaan yang menawarkan alat ini dengan sistem sewa baik harian, bulanan maupun sesuai dengan permintaan. Salah satunya adalah load bank Sewatama yang hadir dengan perangkat listrik untuk berbagai industri. Artinya, genset atau peralatan listrik yang dimiliki bisa dilakukan pengecekan dengan load bank tanpa harus membeli.


Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item