Ragam Puisi

Ragam Puisi - Postingan kali ini, akan mengulas jenis-jenis puisi. Berhubung Ibu saya tengah bikin thesis yang judulnya berkaitan dengan puisi. Untuk itu saya persembahkan postingan berbagai macam puisi ini, spesial untuk MAMA. Here it is:
  • Puisi epik, yakni suatu puisi yuang didalamnya mengandung cerita kepahlawanan, baik kepahlawanan yang berhubungan dengan legenda, kepercayaan, maupun sejarah. Puisi epik dibedakan antara folk epik, yakni bila nilai akhir puisi itu untuk dinyanyikan, dan literary epik, yakni bila nilai akhir puisi itu untuk dibaca, dipahami, dan diresapi maknanya.

  • Puisi naratif, yakni puisi yang di dalamnya mengandung suatu cerita, dengan pelaku, perwatakan, setting, maupun rangkaian peristiwa tertentu yang menjalin suatu cerita. Termasuk dalam jenis puisi naratif ini adalah apa yang biasa disebut dengan balada, yang dibedakan eaaterafolk ballad, dengan literaty ballad, sebagai suatu ragam puisi yang berkisah tentang kehidupan manusia dengan segala macam sifat pengasihnya, kecemburuan, kedengkian, ketakutan, kepedihan, dan keriangannya.

  • Puisi lirik, yakni puisi yang berisi luapan batin individual penyairnya dengan segala macam endapan pengalaman, sikap, maupun suatu batin yang melingkupinya.

  • Puisi dramatik, yakni salah satu jenis puisi yang secara obyektif menggambarkan perilaku seseorang, baik lewat lakuan dialog, maupun monolog sehingga mengandung suatu gambaran kisah tertentu. Dalam puisi dramatik dapat saja penyair berkisah tentang dirinya atau orang lain yang diwakilinya lewat monolog.

  • Puisi didaktik, yakni puisi yang mengandung nilai-nilai kependidikan yang umumnya tertampil eksplisit.

  • Puisi satirik, yaitu puisi yang mengandung sindiran atau kritik tentang kepincangan atau ketidakberesan suatu kelompok maupun suatu masyarakat.

  • Romance, yakni puisi yang berisi luapan rasa cinta seseorang terhadap sang kekasih.

  • Elegy, yakni puisi ratapan yang mengungkapkan rasa pedih seseorang.

  • Ode, yaitu puisi yang berisi pujian terhadap seseorang yang memiliki jasa ataupun sikap kepahlawanan.

  • Himne, yaitu puisi yang berisi pujian kepada Tuhan maupun ungkapan rasa cinta terhadap bangsa ataupun tanah air.

Semoga postingan tentang Ragam Puisi ini bisa bermanfaat untuk para akademia, khususnya Ibu saya yang sedang sibuk menyelesaikan tugas akhirnya. [fz]

Related

Edukasi 8963420310593268203

Posting Komentar

  1. Saya pernah menemukan puisi yang hanya terdiri atas satu kotak saja, tanpa kata tanpa huruf. Yang ini masuk kategori mana? :-)

    BalasHapus
  2. puisi itu deretan kata. no kata, it's not puisi.

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item