Jangan Berkumur Setelah Gosok Gigi


Jangan Berkumur Setelah Gosok Gigi ....

Postingan kali ini mungkin sedikit aneh. Akan tetapi tips ini memang benar-benar adanya. Larangan untuk berkumur setelah gosok gigi tersebut diutarakan oleh Dr Phil Stemmer, seorang ahli gigi di London.

Dikutip dari sebuah media online, berikut pernyataan Dr Phil Stemmer tentang larangan berkumur setelah menyikat gigi " Usai menggosok gigi, saya terbiasa tidak berkumur setidaknya setengah jam, dan saya tidak pernah membasahi sikat gigi terlebih dulu karena air dapat mengurangi khasiat pasta gigi. Ingat juga untuk tidak menggosok gigi langsung usai makan. Tunggulah setengah jam baru menggosok gigi" jelasnya.


Kenapa dilarang berkumur setelah gosok gigi?
Pasalnya, berkumur setelah menggosok gigi dapat menghilangkan fluoride yang dikandung pasta gigi. Seperti yang kita ketahui, fluoride membantu menjaga gigi kita dari bakteri dan kuman yang berasal dari sisa-sisa makanan. Dengan tidak berkumur usai menyikat gigi, setidaknya gigi dapat terlindung dengan baik dan perlindungannya pun bertahan beberapa jam lebih lama.

Lantas, kalo tidak berkumur, bagaimana dengan sisa-sisa busa di mulut?
Ini mungkin menjadi pertanyaan besar jika tidak berkumur usai menyikat gigi. Berdasarkan pengalaman saya pribadi, memang sih secara logika mulut kita tentunya dipenuhi busa ketika menggosok gigi. Namun ketika saya mencoba untuk tidak berkumur, ternyata busa tersebut dapat hilang dengan sendirinya dengan meludah.

Untuk awal-awalnya memang terasa berbeda karena di mulut kita seperti tidak bersih dengan sisa-sisa pasta gigi. Tapi percaya lah bahwa sisa-sisa tersebut adalah fluoride yang menempel di gigi. Efek lainnya, ternyata nafas kita lebih segar dan tahan lama. [fz]

Related

Tips Gaul 5775435533326905868

Posting Komentar

  1. aq biasanya kumur2 dulu sisa pasta gigi setelah menggosok gigi...
    pernah juga sih coba ndak bilas beberapa menit...

    BalasHapus
  2. Aku pernah nonton tipi n nyobain pasta gigi import USA, ga pake busa ternyata, beda dengan pasta gigi Indonesia yang busanya bejibun, jadi agak gimana gitu kalo gak kumur2 :D Tapi demi kesehatan dan optimalisasi kerja pastanya, nampaknya tidak ada salahnya diterapkan ya.. :)

    BalasHapus
  3. @opan coba aja gak kumur...
    @izzah annisa : smoga sukses diterapkan

    BalasHapus
  4. Menarik juga. Akan tetapi, pastinya kita harus memilih pasta gigi yang tepat untuk menerapkan hal ini, ya? Ada kabar bahwa beberapa pasta gigi justru mengandung deterjen.

    BalasHapus
  5. @sabjan: bener mas, nyaris semua produk pasta gigi di Indonesia mengandung Diterjen. Pilih yang tepat aja.

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item