Pengertian dan Fungsi Akuntansi


Kali ini saya sebagai mahasiswa akuntansi Politeknik Negeri Ujung Pandang ingin memberikan sedikit pencerahan tentang apa sebenarnya akuntansi itu?

A. Pengertian dan Definisi Akuntansi

Akuntansi adalah suatu proses pengolahan data yang mencakup proses pencatatan, pengklasifikasian, pengolahan, dan penyajian data, transaksi serta kejadian-kejadian yang berkaitan dengan finansial

sehingga dapat di gunakan oleh pihak-pihak yang terkait dengan mudah dimengerti guna memberikan pertimbangan dalam pengambilan suatu keputusan serta tujuan lainnya. Akuntansi berasal dari bahasa inggris "accounting" yang memiliki arti menghitung atau mempertanggungjawabkan, jika diterjemahkan ke dalam bahasa indonesia.

Akuntansi digunakan untuk mengambil keputusan di hampir seluruh kegiatan bisnis di Indonesia sehingga disebut sebagai bahasa bisnis.

B. Fungsi Akuntansi

Fungsi akuntansi secara garis besar adalah menyajikan informasi keuangan suatu organisasi. Dari laporan akuntansi, seseorang bisa melihat posisi keuangan suatu organisasi beserta perubahan-perubahan yang terjadi di dalamnya.
Akuntansi dibuat secara kualitatif dengan satuan ukuran uang. Informasi keuangan ini sangat dibutuhkan oleh pihak manajer / manajemen perusahaan/organisasi untuk membantu dalam pengambilan keputusan.

C. Laporan Dasar Akuntansi

Pada dasarnya proses akuntansi akan menghasilkan laporan keuangan, yang meliputi 5 laporan, yakni, laporan rugi laba, laporan perubahan modal, laporan arus kas, neraca, serta CALK (catatan atas laporan keuangan).

Pada suatu laporan akuntansi harus mencantumkan nama perusahaan, nama laporan, dan tanggal penyusunan atau jangka waktu laporan tersebut untuk memudahkan orang lain memahaminya (lihat contoh di bawah).

Laporan dapat disusun secara periodik ataupun disusun setiap jangka waktu tertentu.

contoh kop/kepala laporan neraca:

PT. FAIZ SUKSES JAYA, Tbk
Neraca
per 31 Desember 20xx

Related

Edukasi 760805131098974535

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item