Cara Membuat Blog di Blogspot

Insto Moist Atasi Mata Merah sebaiknya baca ini dulu yah ....
Nah, postingan kali ini saya dedikasikan buat teman-teman yang tertarik dengan blog, dan berniat untuk memiliki sebuah blog. Tapi sebelum memulainya, ada baiknya teman-teman mengetahui apa sebenarnya blog itu? terus apa manfaat memiliki sebuah blog?

Apa itu blog?
Sekitar awal tahun 2007, saya kenal dengan yang namanya blog. Blog adalah sebuah applikasi web dimana memungkinkan seseorang memiliki sebuah mini situs sendiri. Awalnya blog dijadikan sebagai catatan online pribadi, namun beberapa tahun belakangan, blog menjadi sangat variatif. Ada yang dijadikan situs edukasi, tempat bisnis, tutorial, download, dan berbagai topik lainnya. Bahkan 2 tahun terakhir, sudah banyak orang yang melirik Blogger (sebutan bagi orang-orang yang memiliki blog) sebagai sebuah profesi, karena blognya sudah bisa menghasilkan duit.

Bagaimana cara membuat Blog ?
Nah, salah satu penyedia layanan blog gratis yang paling populer saat ini adalah Blogger.com atau blogspot. Ini juga menjadi rekomendasi saya, karena blogspot memiliki banyak kelebihan dibanding layanan blog gratis lainnya. Nah, berikut adalah langkah-langkah cara membuat blog di blogspot.

  1. Buka www.blogger.com
  2. Nah, selanjutnya silahkan Login dengan akun Gmail anda, jika belum punya klik disini untuk membaca panduan membuat email di Gmail.com. Lalu akan muncul kayak gini
  3. Selanjutnya isi nama tampilan anda, ini semacam pengarang, jadi setiap tulisan di blog anda nantinya, akan tertera nama pengarang/penulis ini. Saran saya: isi dengan nama lengkap anda saja. Tapi kali ini, karena masih percobaan, saya sengaja kasih contoh "Kelinci Percobaan"
  4. Jangan Lupa Centang/Checklist "Saya Menerima Persyaratan dan Layanan" (klik kotak disamping tulisan tersebut, lihat gambar diatas)
  5. Kemudian klik Lanjutkan (lihat gambar)
  6. Klik "Ciptakan Blog Anda"
  7. Selanjutnya isi Judul Blog sesuai keinginan, misalnya Kambing Jantan, Pejantan Tanggung, Catatan GoBlog, Blog Faiz dll
  8. Isi Alamat Blog (url) dengan alamat blog kenginan anda. Kalo saran saya isi dengan nama yang sesuai dengan judul blog anda. Alamat ini nantinya akan menjadi alamat untuk mengakses blog anda. misalnya: www.namablogkesukaanku.blogspot.com Ingat, alamat blog udah permanen gak bisa diganti kecuali beli domain sendiri (BAYAR, gak Gratis). Jadi, Pilih dengan tepat dan serius.
  9. Klik "Lanjutkan"
  10. Selanjutnya pilih tmplate awal blog anda. (Template ini bisa diganti kok nanti) Template itu gunanya untuk penampakan/tampilan blog anda nantinya seperti apa.
  11. Klik "Lanjutkan"
  12. Anda pun berhasil membuat blog, nah untuk memulai posting/menerbitkan/menuliskan sebuah tulisan di blog anda klik Mulai Blogging
  13. Tutup dulu tips dengan cara mengklik tanda silangnya (lihat gambar di atas)
  14. Selanjutnya Tulislah Judul dan Isi Postingan (lihat gambar dibawah dibawah)
  15. Lalu Klik Terbitkan Entri
  16. Selanjutnya klik Lihat Entri untuk melihat tampilan blog anda
  17. Selamat Blogging.
Nah, anda pun resmi jadi seorang blogger. Selanjutnya anda bisa Login ke www.blogger.com dan menuliskan apa saja yang anda ingin bagi kepada pembaca blog anda. Semoga Postingan ini bermanfaat.

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item