6 Jawaban Soal Terkait Etika Profesi Akuntansi

Sejuta link promosi ke Insto Moist Atasi Mata Merah
Apa sesungguhnya Etika itu? Mengapa Etika diperlukan?
Jawab: Etika adalah keseluruhan norma dan penilaian yang dipergunakan oleh masyarakat untuk mengetahui bagaimana manusia seharusnya menjalankan kehidupan. Etika diperlukan sebagai panduan, prinsip-prinsip moral dan sebagai kriteria untuk menilai benar salahnya suatu perbuatan.

Secara Umum Apa perbedaan antara seorang profesional dan non profesional?
Jawab: Seorang Profesional adalah orang yang menjalani profesi dan karenanya mempunyai tanggung jawab yang tinggi untuk berkarya dengan standar kualitas tinggi yang dilandasi dengan komitmen moral yang tinggi pula. Non profesional adalah pegawai atau pekerja biasa dan dianggap kurang memiliki otonomi dan kekuasaan atau kemampuan profesional.

Apa yang dimaksud dengan etika profesi? Apa fungsinya?
Jawab: Etika profesi merupakan suatu bidang etika terapan yang berkaitan dengan kewajiban etis mereka yang menduduki suatu posisi tertentu. Fungsi Etika Profesi adalah sebagai panduan bagi para profesional dalam menjalani kewajiban mereka memberikan dan mempertahankan jasa kepada masyarakat yang berstandar tinggi.

Apa perbedaan etika profesi dan etika kerja ?
Jawab: Perbedaan etika profesi dengan etika kerja, etika profesi lazimnya dilakukan mengingat aktivitas para profesional berbeda dengan pekerjaan lain pada umumnya. Para Profesional memiliki karakteristik khusus dari segi pendidikan atau pelatihan, pengalaman, dsb.

Bagaimana perkembangan lingkungan mempengaruhi kemampuan etis akuntan profesional ?
Jawab: Lingkungan etika yang membatasi ruang gerak dalam menekuni profesinya dalam menjalankan tugas-tugasnya . Lingkungan ini meliputi organisasi bisnis dan non bisnis yng merupakan sasaran jasa profesional

Apa yang dimaksud celah kredibilitas dan celah harapan? Contohkan beberapa kasus yang dapat mempengaruhi kredibilitas profesi akuntan?
Jawab: Celah harapan adalah celah antara harapan pengguna jasa profesional akuntan dan kinerja akuntan yang bersangkutan , sedangkan celah kredibilitas adalah celah antara kredibilitas pengguna jasa profesional akuntan dan kinerja akuntan yang bersangkutan

Contohnya : Sejumlah akuntan publik Indonesia, misalnya dituduh bekerja sama dengan bank-bank yang ternyata kemudian harus dilikuidasi, dan dengan para emiten baik ketika akan maupun setelah go publik dalam hal merekayasa laporan keuangan.

Related

Edukasi 4122944667046280484

Posting Komentar

  1. terimakasih atas informasinya...
    bisa buat bahan kuliyah saya pak...,

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item