Sunda Menggugah Selera

Siapa yang tidak kenal dengan "sunda"?
Sunda, kelompok etnis yang berasal dari bagian barat Jawa merupakan suku terbesar kedua di Indonesia. Suku sunda yang tenar melalui tokoh "Kabayan" dan wayang golek "Cepot" ini memang sangat populer, baik dari bahasa, budaya, serta kulinernya yang maknyus.

Banyak kalangan selebriti pun yang mengaku dan bangga jadi orang sunda. Sebut saja "SULE", pelawak yang tengah naik daun ini dengan bangga berceletuk dengan bahasa sunda di layar kaca. Bahkan Sule pun sudah sangat melekat dengan karakter orang sunda, hingga akhirnya didaulat untuk menjadi icon iklan promosi wisata Jawa Barat.


Berbicara tentang Sunda memang tidak ada habisnya. Mulai dari tari jaipong yang populer dibawakan Rumingkang di Indonesia Mencari Bakat, tokoh kabayan yang apik diperankan Didi Petet, Lagu Bubuy Bulan yang sering diplesetkan Sule, serta wisata kuliner sunda yang menggugah selera di program ala chef Farah Quinn.

SUNDA MENGGUGAH SELERA

Kesempatan kali ini, saya ingin membahas aneka kuliner sunda yang mulai ramai dikomersilkan di beberapa daerah di Indonesia, termasuk tempat tinggal saya (makassar, red). Tentu saja karena aneka masakan sunda ini begitu nikmat sehingga laris di pasaran.

Nasi Timbel
kuliner sunda bebek crispy

Nasi yang dimasak dengan menggunakan balutan daun pisang menjadikan aroma nasi timbel memang sangat berbeda dan sangat menggugah selera. Nasi timbel biasanya dihidangkan dengan aneka lauk-pauk seperti merpati goreng, bebek crispy, tempe, atau tahu.

Cireng, Cilok, dan Cimol
kuliner sunda bebek crispy

Cireng merupakan singkatan Aci digoreng, sedangkan Cilok singkatan dari Aci dicolok. Aci adalah bahasa sunda yang artinya "tepung Sagu". Cireng, Cilok, dan Cimol adalah jajanan kuliner yang sangat populer, tidak hanya di jawa barat tetapi juga di berbagai daerah di Indonesia. Tepung sagu yang diolah menyerupai bola-bola bakso ini biasanya disantap dengan sambal, kecap, dan bumbu kacang.

Bajigur
kuliner sunda bebek crispy

Minuman hangat khas orang sunda yang terbuat dari gula aren dan perasan santan. Untuk menambah cita rasa, bajigur biasanya ditambahkan jahe, garam, dan vanili. Minuman ini sangat cocok untuk menghangatkan tubuh di malam hari atau di musim hujan. Minuman ini biasanya disajikan dengan aneka gorengan hangat seperti pisang goreng, ubi rebus, atau kacang rebus.

Peuyeum
wisata kuliner masakan sunda

Peuyeum adalah panganan berupa tapai kering yang berasal dari ubi/singkong yang difermentasi. Peuyeum berbeda dengan tapai, soalnya peyeum lebih kering dibandingkan tapai. Peuyeum lebih kering karena cara pembuatannya digantung, tidak ditumpuk layaknya tapai. Peuyeum banyak dijual di bandung Jawa barat sebagai jajanan olahan yang disantap dengan es batu dan sirup.

bebek crispy sunda

Bebek yang dilumuri bumbu dan dibalut dengan tepung khas Sunda serta digoreng dengan teknik tersendiri. Kombinasi ini menghasilkan tekstur daging bebek yang sangat crunchy di luar dan lembut di bagian dalamnya. Dinikmati dengan sepiring nasi pulen yang mengebul hangat dan sesendok sambal serta lalapan, akan menjadikan kita jatuh cinta.

Related

INFOR 5729650714786902483

Posting Komentar

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item