8,16 Menit Untuk Membuat Dirimu "Bangga Menjadi Anak Indonesia"

eoUsia saya kini 20 tahun, tak terasa genap sudah 20 tahun saya menjadi bagian dari Indonesia. Banyak hal yang mengecewakan, tetapi banyak hal juga yang membuat saya bangga menjadi anak Indonesia. Mungkin seperti ini juga yang dirasakan oleh sekitar 220 juta jiwa penduduk di Indonesia.

Ada perasaan bangga ketika negara kita berhasil menyabet piala kejuaraan bulutangkis tingkat internasional, dan sebaliknya, ada perasaan kecewa ketika negara kita dikalahkan oleh negara lain. Yah, perasaan itulah yang timbul secara spontan dari dalam diri kita. Rasa yang membuktikan bahwa kita mencintai Indonesia. Namun, tidak cukup dengan mencintainya, kita pun harus bangga menjadi bagian dari Bangsa Indonesia.

Bagaimana untuk memupuk rasa bangga tersebut?
Sebenarnya ada banyak hal yang membuat kita harus bangga menjadi anak Indonesia. Melalui sebuah video berdurasi 8,16 menit ini, akan digambarkan betapa beruntungnya kita menjadi bagian dari Indonesia.



Yup, video tersebut tidak lain merupakan video klip single terbaru Indah Dewi Pertiwi yang berjudul Hipnotis. Video klip tersebut memberikan gambaran tentang betapa istimewanya Indonesia.


Pada scene awal video, mata kita akan tertuju pada garis pantai yang sangat Indah. Dan sekedar informasi, garis pantai Indonesia merupakan yang terpanjang keempat di dunia dan Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki pantai terindah di dunia. Seharusnya, kita bangga dan mau menjaga kelestarian pantai yang kita miliki. Jangan mengotori, apalagi merusaknya dengan tindakan penambangan pasir pantai secara ilegal.


Scene berikutnya, kita disuguhkan dengan eksotika air terjun di Sendang Gile yang terletak di Lombok. Sekali lagi, kita akan tercengang dengan pemandangan alam yang sangat indah. Keindahan Lombok memang jarang diekspos oleh media, sehingga tak banyak yang tahu tentang berbagai tempat wisata indah di Lombok yang bisa dibilang saingan terberat Pulau Bali, termaksud Pantai Tanjung Aan yang juga sempat terlihat dalam video ini.

Selain dari segi keindahan alamnya, pada video klip tersebut juga terdapat hal lain yang membuat kita bangga, yakni teknologi animasi yang dikemas secara apik dalam video tersebut. Bisa dibuktikan dengan melihat kualitas animasi saat adegan sebuah speaker berubah menjadi robot lalu bertransformasi menjadi manusia. Bisa dibilang menakjubkan, ternyata kualitas animasi karya anak bangsa sudah sangat mirip bahkan bisa menyaingi film animasi luar negeri seperti transformer, avatar, dsb.

Dalam video klip pelantun tembang "Baru Aku Tahu Cinta Itu Apa" ini, juga menampilkan suasana peperangan yang berusaha menampilkan sosok pahlwan para pejuang perebut kemerdekaan. Seolah-olah penggambaran tersebut mengajak kita para generasi muda untuk bersyukur dengan cara mengisi kemerdekaan yang telah susah payah diperjuangkan.

Dan pada bagian terakhir video klip tersebut, digambarkan kota Jakarta dan sekitarnya runtuh karena tenggelam banjir. Namun, kondisi tersebut tidak berlangsung lama karena setelah Indah Dewi Pertiwi menekan tombol perbaikan pada sebuah remote yang dipegangnya, kondisi kota Jakarta kembali pulih dan normal.


Penggambaran tersebut mengajak kita untuk mencintai lingkungan sekitar. Sebuah remote yang digunakan Indah Dewi Pertiwi itu sebenarnya melambangkan sikap kita masing-masing terhadap lingkungan, yang berarti semua kendali ada di tangan kita. Jika kita ingin Indonesia terhindar dari bencana, semuanya ditentukan oleh sikap kita sendiri.

Wah, walaupun hanya berdurasi 8,16 menit, ternyata ada banyak pelajaran yang bisa kita petik dari video klip tersebut. Video klip yang membuat kita lebih cinta terhadap Indonesia, lebih bangga menjadi Anak Indonesia, dan lebih Peduli terhadap lingkungan sekitar. Save Our Earth, because the World is in Your Hand. [fz]

Related

Video Klip 3898460114815353954

Posting Komentar

  1. smg sukses ya contestnya... :)

    Salam kenal :)
    http://4w4n.blogdetik.com/2011/05/06/hipnotis-yang-indah/

    BalasHapus
  2. yang jelas emang keren banget DIP, hadir ditengah kejenuhan musik Indonesia dan dia mampu memberika warna tersendiri...

    BalasHapus
  3. Video klipnya bener2 menghipnotis

    BalasHapus
  4. bener mas. saya juga awalnya gak ngerti dengan konsep video klipnya, tapi setelah nonton yang full version sy langsung kagum sama IDP

    BalasHapus
  5. mantap bro, tersusun dengan sangat rapi...ane jadi minder nih..:(

    BalasHapus
  6. pembahasannya lebih mendetail...
    good luck ya... hehe

    BalasHapus
  7. hehehhe kontes tho?
    semoga sukses ya faiz :D

    BalasHapus
  8. @indonesiahotnews : ah bisa aja, saya justru mau banyak belajar dari blog punya mas.

    @ady Ahmed : Sama-sama bro. saling support yah.

    @julie : yup ^_^ support yah. doain biar menang.

    @all : Thanks kunjungannya.

    BalasHapus
  9. Pesan yg terkandung dalam video clip hipnotis IDP, sangat positif. Environment campaign digambar secara gamblang, sebagai pesan utamanya.

    Eh, btw judul permalinknya koq beda?

    BalasHapus
  10. sengaja dikasih beda. biar judulnya menarik, tapi ketahuan sebagai artikelnya Indah Dewi Pertiwi saat didaftarinn

    BalasHapus
  11. nice review, tapi reviewnya terlalu berat sebelah, terlalu melebihkan keunggulannya, tidak ada pembahasan kekurangannya

    BalasHapus
  12. thanks sarannya. Tapi review ini memang tidak terfokus pada video klip, tapi lebih fokus ke NASIONALISME-nya. Tapi saran kamu aku terima kok, lain kali kalo bikin review mesti liat 2 sisi.

    BalasHapus
  13. hai,.. salam kenal ya,.. jalan jalan liat2 blog temen aja,.. silahkan mampir ke blog ku,...www.rekanisya.blogspot.com.

    BalasHapus
  14. salam kenal mbak nisya. Sukses yah...

    BalasHapus

emo-but-icon

RECENT

POPULAR

COMMENT

INFO

RANDOM POST

item